21.53
0
Zaman sekarang, layanan e-money dengan smartphone semakin meluas di Indonesia. Operator bekerja sama dengan industri perbankan saling bersaing menyediakan layanan e-money ini untuk memanjakan nasabah dan pelanggan mereka.

Yang terbaru, PermataBank bekerja sama dengan Blackberry dan AGIT Monitise Indonesia meluncurkan percontohan komersial BBM Money di Jakarta, Selasa (26/2).

Transfer Uang Melalui BBM Money


Ini adalah sebuah aplikasi mobile di smartphone Blackberry untuk mempermudah transaksi keuangan nasabah bank ini. Misalnya, mengisi uang ke rekening mobile, transfer ke sesama pengguna BBM Money, transfer out (pengiriman uang ke rekening bank), mobile top-up (isi ulang pulsa), transaction history, dan lainnya.

Melalui proses pendaftaran sederhana, pelanggan BBM Money dapat membuat akun BBM Money dengan PermataBank dan dapat mengisi uang tunai ke dalam akun melalui salah satu dari 70 ribu ATM di Indonesia. Setelah datang ke lokasi yang telah ditentukan untuk melakukan pemeriksaan identitas, pelanggan dapat dengan aman melakukan pembayaran ke kontak BBM sesama pengguna layanan BBM Money.

Aplikasi e-money ini dikembangkan oleh PT AGIT Monitise Indonesia (AGIT Monitise Indonesia), sebuah
perusahaan patungan antara Monitise Asia Pasifik dan Astra Graphia Information Technology (AGIT), bagian dari Astra International Group, yang layanannya diterbitkan dan dikelola oleh Permata Bank. 

"Selama ini, inside consumer di Indonesia, BBM untuk chatting, kirim foto, atau kirim voice note. Sekarang kita terpikir bagaimana kalau setelah kita kirim uang, fisiknya difoto, kenapa nggak langsung kirim-kiriman uang langsung dari BBM saja'' ujar Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia.

David Fletcher, Direktur Utama Permata Bank, mengatakan, penyediaan layanan ini sejalan dengan visi Permata Bank untuk menjadi pelopor dalam memberikan solusi keuangan yang inovatif, sekaligus bentuk dukungan bank ini terhadap kebijakan Bank Indonesia dalam menggalakkan cashless society di Indonesia. 

Hilang? Jangan Khawatir
Bagaimana jika smartphone kita yang telah berisi aplikasi BBM Money, tiba-tiba hilang? Jangan takut uang Anda akan hilang. Ini karena BBM Money diklaim telah memiliki standar keamanan yang baik. 

Layanan ini dilindungi oleh keamanan dengan standar yang baik, termasuk kode akses, enkripsi, pemantauan, dan batas yang disyaratkan oleh PermataBank di bawah ketentuan Bank Indonesia.

Menurut Calvin Lim, Direktur ACIT Monitise Indonesia, layanan ini dilengkapi dengan kode akses dan enam digit passcode untuk menjaga keamanan aplikasi BBM Money yang ada di ponsel pelanggan.

"Jika smartphone Anda hilang sekalipun, uang Anda di PermataBank tidak akan hilang," ka ta Calvin Lim.

Calvin mengibaratkan ketika seorang nasabah bank kehilangan kartu ATM-nya. Saat hal itu terjadi, uang yang ada di ATM pun masih akan terjaga di ATM. "Begitupun dengan BBM Money, karena uang disimpan bukan di handset," katanya.

Semudah Chatting di BBM

Menurut Lauren Sulistiawati, DirekturRetail Banking PermataBank, BBM Money mudah dioperasikan, semudah menggunakan chatting di BBM. Pengguna tidak perlu membuka rekening bank atau rekening di Permata Bank Mengingan PermataBank sebagai penerbit layanan ini.

Fitur layanan BBM Money terdapat dua jenis, Basic dan Full. Basic hanya dapat melakukan isi ulang pulsa, saldo minimun Rp l juta, dan limit transaksi per bulan Rp 20 juta.

Sedangkan Full, pelanggan dapat melakukan transfer antar kontak BBM Money, isi ulang pulsa, transfer online ke bank manapun di Indonesia, saldo minimun Rpl juta, limit transaksi per bulan Rp 20 juta, serta menyertakan KTP sebagai persyaratan.

BBM Money dapat digunakian di hampir seluruh jenis BB (kecuali BB Pearl 9100, Torch 9860, Style 9670, dan CDMA) dan hanya dapat diaplikasikan untuk OS 5, 6, 7, serta BBM versi 6 ke atas. Semua transaksi di aplikasi ini menggunakan mata uang rupiah dan sebelum mengundung pelnggan harus memiliki BlackBcrry ID.

Jangan lupa, ada biayanya lho! "Ada fees transaction charge Rp5 ribu, tetapi untuk nasabah PermataBank gratis" kata Lauren.

PermataBank menargetkan 100 - 200 ribu pengunduh aplikasi ini sepanjang tahun 2013. Mengingat pengguna BB di Indonesia berjumlah 12 juta orang. "Semakin cepat kami menambah fitur akan semakin atraktif BBM Money ini, rencana ke depan dengan BBM Money kita bisa bayar telpon rumah, tagihan ponsel pascabayar, listrik, dan lainnya," tandasnya, (BPost Cetak 27/2/2013)