Memilih bahan makanan berkualitas merupakan salah satu cara untuk menjaga pola hidup tetap sehat. Ada beberapa cara untuk tetap sehat dengan pengeluaran yang minim dalam berbelanja. 


6 Tips Makan Sehat dengan Cara Hemat


Seperti yang disebutkan Allwomenstalk, berikut di antaranya.

1. Tidak semua harus dibeli secara organik
Memilih bahan makanan organik merupakan salah stau cara untuk tetap hidup sehat. Makanan organik menjanjikan kesehatan karena bebas pestisida yang membahayakan tubuh. Namun demikian, bahan organik dibeli dengan harga relatif mahal. 

Untuk itu, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih beberapa bahan makanan yang tetap dibeli secara konvensional. Buah dan bahan makanan yang memiliki kulit tebal, merupakan beberapa macam yang tidak harus dibeli secara organik.

2. Berbelanja satu minggu sekali
Meskipun sayur lebih nikmat diolah dalam keadaan yang lebih segar, berbelanja setiap hari hanya akan membuat Anda boros. Perhatikan jadwal belanja, jangan sampai list belanja Anda justru semakin bertambah karena jadwal yang tidak rutin.

3. Buat daftar belanjaan
Bisa saja Anda lupa dan justru membeli kebutuhan lainnya. Untuk mencegah hal tersebut, buatlah daftar belanjaan apa saja yang harus dipenuhi. 

4. Siapkan stok bahan makanan
Jangan lupa untuk tetap menyisakan beberapa bahan makanan sebagai stok di dapur Anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah keborosan ketika Anda lapar dan lebih memilih untuk memesan fast food.

5. Berbelanja langsung dari petani
Selain lebih segar, berbelanja langsung dari produsen akan menghemat pengeluaran. Anda bisa memilih beberapa jenis bahan makanan yang awet disimpan dalam waktu lama.

6. Lebih memilih pasar tradisional
Dengan ketelitian, Anda juga bisa mendapatkan bahan makanan berkualitas di pasar tradisional dengan harga yang lebih terjangkau. Pilih bahan makanan yang lebih segar untuk memaksimalkan nutrisinya (Metrotvnews)