10.08
0

Indonesia memang kaya akan lokasi wisata bahari. Salah satunya adalah taman nasional laut Bunaken. Bunaken adalah sebuah pulau kecil dengan luas 8.08 km persegi. Lokasinya di Teluk Manado. Secara administratif Pulau Bunaken masuk pada Kabupaten Dati II Minahasa dan Kotamadya Manado, Propinsi Dati I Sulawesi Utara.


Pesona Wisata Bunaken di Manado Sulawesi Utara



Untuk mencapai taman laut seluas 89.065 ha ini sangat mudah, banyak perahu akan mengantar Anda dari Pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken. Jarak tempuhnya hanya sekitar 20 menit. 

Di sekitar Pulau Bunaken inilah terdapat taman laut Bunaken, bagian utama dari Taman Nasional Kelautan Manado Tua. Di dalam kawasan taman nasional ini terdapat beberapa pulau seperti Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Di sinilah Anda bisa menikmati pemandangan alam bawah laut yang konon terindah di dunia.


foto gambar bunaken


Snorkling dan Diving
Rasanya tidak ke Bunaken jika Anda tidak melakukan diving (penyelaman), snorkling atau berenang di kawasan wisata laut Bunaken. Sudah diakui bahwa tujuan utama wisata Bunaken adalah wisata alam bawah laut.

Siapa yang kuasa untuk tidak segera berenang ketika melihat jernihnya air laut bunaken. Ikan dan terumbu karang di dasar laut terlihat dengan jelas meskipun dilihat dari atas air laut. Jika Anda akan melakukan penyelaman, tanyakan ke pemandu wisata titik-titik mana yang indah dan wajib dikunjungi. Soalnya ada sekitar 20 titik penyelaman dengan kedalaman bervariasi, mulai dari 4 meter hingga 1.344 meter.

Titik penyelaman terhampar berjajar ke arah tenggara hingga bagian barat laut Pulau Bunaken. Selama melakukan penyelaman, Anda akan menjumpai hanging walls, dinding batu karang yang indah melengkung atau berdiri vertikal.

Dinding-dinding karang inilah tempat beragam jenis ikan berkembang biak dan mencari makan. Memang benar, taman laut Bunaken terbukti masih alami dan sangat indah. Beragam biota laut seperti ikan, kerang, bintang laut, kura-kura hingga kuda laut terlihat berseliweran di depan mata. Beragam jenis ikan dengan aneka warna dan bentuk terlihat berlalu lalang. Terumbu karang masih sangat subur dan terlihat masih perawan. 


Jika Anda tidak berani melakukan diving, aktivitas snorkeling bisa menjadi pilihan lain menikmati keindahan taman laut Bunaken. Dengan snorkeling Anda bisa melihat aneka jenis ikan dan biota laut lainnya tanpa harus menyelam. Sayangnya area snorkeling terbatas di perairan dangkal saja.


Habitat Ikan dan Terumbu Karang
Di dalam taman laut Bunaken, jenis terumbu tepian terlihat mendominasi laut pesisir yang dangkal. Terumbu karang tumbuh vertikal, bisa mencapai panjang 25-50 meter. Di sela-sela terumbu karang ini hidup lebih dari
58 jenis keluarga binatang karang teridentifikasi. Di laut dalam terlihat tebing, celah, ceruk dan rekahan bawah laut. Di antara ceruk, berbagai jenis vertebrata dan invertebrata laut tumbuh dan berkembang. Seperti tripang, tiram, karang keras, kima, serta ikan jenis dansel, unicorn, wrase, trigger, sweetlip dan lebih 2000 jenis ikan lainnya.


tripang, tiram, karang keras, kima



Kedalaman laut Bunaken bisa mencapai 1000 meter. Jika Anda melakukan diving di laut dalam, pemandangan alam bawah laut lebih menarik. Jenis ikan besar seperti hiu kepala palu, layar, pari, ikan tuna, marlin, cekalang, barakuda, lumba-lumba dan bahkan ikan paus sering terlintas di perairan Bunaken. 


Lezatnya Kuliner Manado 

Puas menikmati keindahan taman bawah laut, kini saatnya Anda menikmati pemandangan alam darat pulau Bunaken yang indah. Pantai berpasir putih, hijaunya pepohonan serta kontur alam yang berbukit menambah daya tarik lain Pulau Bunaken. 


Bunaken yang indah. Pantai berpasir putih


Setelah berkeliling, jangan lupa untuk menikmati lezatnya kuliner khas Manado.


Beragam hidangan lezat khas Manado banyak dijajakan di Bunaken. Bubur tinutuan yang gurih dan lezat bisa dipilih menjadi hidangan sarapan. Kehangatan bubur beras ini terasa gurih dengan isi beragam sayuran sebagai campurannya.

Untuk makan siang, ikan cakalang fufu, atau ikan asap dengan sambal pedas bisa menjadi lauk nasi makan siang Anda. Rujak gohu yang terbuat dari pepaya dan timun dengan saus asam pedas bisa menjadi kudapan segar di siang hari. Jajanan seperti lalapa, alias lemper bakar isi ikan bisa menjadi kudapan ringan di sela-sela waktu liburan. 

Sumber m ajalah Dokter Kita.