Masa kehamilan menjadi saat yang dinanti dan membahagiakan. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan buah hati berkembang normal, ibu hamil harus memiliki pola hidup yang sehat. Seperti makan makanan yang bergizi, cukup olahraga, dan istirahat, serta menghindari alkohol dan tidak merokok. 


Makanan Pantangan Untuk Ibu Hamil



Selain itu, terdapat juga sejumlah pantangan untuk ibu hamil. Di antara nya adalah pantangan dalam hal makanan bagi ibu hamil. Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari oleh ibu hamil, kami kutipkan dari majalah  Dokter kita.

Pertama, makanan yang miskin zat gizi, tetapi kaya kalori seperti gula, lemak, permen, kue-kue bermentega.dan krim kental. Makanan tersebut dapat menyebabkan obesitas dan bersifat mengenyangkan.

Kedua, Makanan yang mengandung pengawet, pewarna, dan pemanis buatan.

Ketiga, Makanan bergaram tinggi, seperti ikan asin, kornet, dan sayuran kalengan. Makanan ini dapat memicu kenaikan tekanan darah.

Keempat, Alkohol dan minuman bersoda, yang dapat memicu hipertensi.

Kelima, Kopi, kafeinnya dapat meningkatkan tekanan darah.

Keenam, Makanan yang tidak diolah sempurna dan mentah, seperti ikan salmon mentah dan steak setengah matang, telur mentah, susu segar. Makanan tersebut dikuatirkan masih mengandung bakteri berbahaya, seperti bakteri Listeria monocytogenes penyebab keguguran, bakteri E.coliyang merusak usus dan sel ginjal serta bakteri Salmonella penyebab keracunan.

Ketujuh, Makanan yang mengandung aditif sintetis seperti MSG (penyedap rasa), pewarna, pengawet, pemberi rasa dan penambah aroma (aneka esen).