Kitab suci Alquran berukuran raksasa ditemukan oleh seorang petani di Nagari Sirukam Jorong Gantiang, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Diperkirakan Alquran ini berusia ratusan tahun.



Dari segi fisiknya Alquran berukuran satu setengah meter dengan lebar 70 cm, tebal 10 cm, dan berjumlah 88 halaman dengan 30 juz ini terbuat dari kulit unta. Konon kitab suci ini ditemukan Ujang di ladangannya secara ghaib. Kini Alquran tersebut dititipkan di Madrasah Diniyah Awaliyah Yayasan Ya Bunayya. Setiap usai melaksanakan taraweh, warga setempat secara bergantian membaca Alquran tersebut.

“Alquran ini ditemukan secara gaib, muncul secara tiba-tiba di ladang. Diperkirakan usianya ratusan tahun dan dibuat dengan menggunakan tulisan tangan,” terang ustadz Madrasah Nagari Sirukam, Nirwan Aljufri, Sabtu (5/7/2014).

Munculnya Alquran ini dimaknai oleh warga setempat agar para remaja kembali ke surau dan taat beribadah, karena selama ini para remaja dikampung sudah mulai meninggalkan masjid dan lebih memilih untuk bermain dan menghabiskan waktu di tempat lain.

sumber