Banyak yang berpikir menggunakan sendal jepit ketika mengendara mobil membuat keadaan lebih santai. Padahal menggunakan sendal jepit kala mengemudi sama buruknya dengan menggunakan sepatu hak tinggi.

Menurut penelitian yang dilansir Female First (2/7) oleh Republika, sendal jepit akan mengganggu pergerakan pengendara ketika berpindah antara rem dan gas hingga 0,1 detik.

Menggunakan sendal jepit juga mengurangi kecepatan pengereman hingga tiga persen dibanding dengan penggunaan sepatu atau setara dengan perjalanan empat meter pada kecepatan 60 kilometer per jam.

Hasil poling dari Sheila's Wheels menemukan lebih dari setengah pengendara mobil menggunakan alas kaki yang tidak cocok. Sementara satu dari lima pengendara terus memakai sepatu mereka ketika nyaris mengalami kecelakaan.

Yang mengkhawatirkan satu dari empat mengendara mengalami selip sendal dibawah pedal ketika berkendara. Lebih dari sepertiga pengendara mengakui mengemudi menggunakan sendal jepit adalah mimpi buruk dan 27 persen diantaranya mengalami kecelakaan ketika menggunakannya.

Ada pula satu dari sepuluh pengendara mengalami selip sendal jepit dan tujuh persennya nyaris mengalami kecelakaan

Resiko Menyetir dengan Sandal Jepit