07.26
0

Tidak lama lagi akan muncul sistem operasi baru untuk smartphone hasil rancangan kolaborasi antara Intel dengan sejumlah vendor dan operator smartphone dunia, seperti Samsung: Tizen!


Sistem operasi ponsel pemula ini akan memulai debutnya pada ajang Mobile World Congress, di Kota Barcelona, Spanyol. Tizen dianggap sebagai alternatif yang potensial terhadap dominasi Android, dan sebagian didorong oleh permintaan operator sehilar agar mereka dapat menjalin kerja sama dengan OS yang
lebih terbuka.

Tizen: Sistem Operasi Baru untuk Smartphone


Selain dua pemain kunci tersebut, acara pada malam tersebut dihadiri oleh partner lainnya termasuk Huawei, yang bergabung dalam panitia pembentukan Asosiasi Tizen dan Orange, operator wireless dari Eropa. Orange menyatakan mereka berkomitmen menjual ponsel Tizen dari Samsung dan Huawei tahun ini. NTT Docomo telah berkomitmen untuk menjadi operator bawaan ponsel pertama yang menjual ponsel Tizen, dan CNET baru-baru ini men dapatkan informasi bahwa ponsel pertama Tizen akan diluncurkan oleh Samsung pada bulan Juli atau Agustus tahun 2013 ini.

Direktur Strategi Pemasaran NTT Docomo dan juga Ketua Asosiasi Tizen Kiyohito Nagata menyebut peluncuran tersebut merupakan "Awal dari keberhasilan masa depan OS Tizen dan ekosistem aplikasinya." 

Para petinggi Orange dan NTT Docomo mengatakan peluncuran ponsel Tizen pertama akan ada pada harga yang tinggi, sekitar di atas Rp3 juta. Orange memprediksi bahwa smartphone Tizen akan menghentak pasar ponsel tahun 2014, dimana ponsel nantinya banyak yang berharga di bawah Rp l juta.

Rilis Juli
Samsung nampaknya menaruh banyak saham dalam bisnis sistem operasi. Samsung dikabarkan mengganti sistem operasi miliknya, Bada dengan Tizen, karena melihat potensi Tizen lebih besar. Hankil Yoon, petinggi Samsung, menyatakan bahwa Samsung belum memutuskan nasib Bada, namun kedua sistem operasi tersebut sudah saling berbagi aset.


Samsung akan merilis smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Tizen pada Juli atau Agustus mendatang.

Tizen adalah sistem operasi pemula yang diharapkan menjadi alternatif dari dominasi Android dan iOS di industri smartphone. Tizen hanyalah satu dari banyak sistem operasi mobile yang banyak bermunculan di MWC. Selain Tizen, ada juga Mozilla yang bani saja mengumumkan smartphone pertama pengguna Firefox OS, yakni ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire.

Keberadaan Tizen penting buat Samsung untuk diversifikasi jajaran produknya. Selain Android, Samsung sebenarnya juga memiliki produk berbasis Windows Phone 8 yang tidak terlalu sukses. Smartphone yang menjalankan Tizen, yang menggunakan Linux dan HTML5 sebagai dasar, diharapkan diluncurkan secara komersial pada akhir tahun 2013 ini. (BPost Cetak 28/2/2013)