Cobalah putar kaleng berdiameter sekitar 10 cm dan beratnya 400 gram sebagaimana gambar di bawah ini. Cobalah untuk menemukan kata Susu, Anda tidak akan menemukannya, karena memang tidak ada. 


Contoh Produk yang Bukan Susu


Pada bagian komposisi tertulis : Sukrosa, air, susu bubuk skim, bubuk whey, campuran laktosa, lemak nabati, ektrak krim, perisa susu, kalsium karbonat, niasin, vitamin A (mengandung antioksidan tokoferol), E, B1, B6, beta karoten (mengandung antioksidan tokoferol, natrium askorbat), dan D3.

Sering terjadi persepsi masyarakat bahwa krimer adalah susu, padahal sejatinya bukan! Lalu apa pengertian Krimer? “adalah produk pengganti susu atau krim yang merupakan produk emulsi lemak dalam air, dibuat dari minyak nabati !” (Zaqy Saputra, 2013

Definisi lain dari BPOM tertulis “Krim kental manis adalah produk susu yang berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan merekonstitusi krim dengan penambahan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu dengan atau tanpa bahan tambahan pangan yang diizinkan. Gula yang ditambahkan harus dapat mencegah pembusukan. 

Akhirnya ditemukan kata “Krimer Kental Manis” di kemasan Bendera Kental Manis (posisinya hurufnya tidak strategis, kecil sekali di sebelah kiri Fakta Nutrisi). Atau kalau di kemasan sachet seperti ini


Contoh Sachet Produk yang Bukan Susu


Jika kita analisis komposisi di atas, memang di dominasi oleh komponen air, lemak, gula, dan sedikit vitamin. Sementara susu bubuk skim  hanya penyedia kasein yang berperan sebagai emulgator (bahan peng-emulsi yang bisa membuat campuran air dan lemak).

Kembali ke kemasan, memang tidak salah Frisian Flag tidak menyebut produknya sebagai susu. Coba perhatikan di halaman depan produk ini, hanya tertulis : Frisian Flag, Bendera Kental Manis.


Di bagian Cara Penyajian tertulis “Untuk mendapatkan satu gelas minuman Bendera Kental Manis yang lezat, tambahkan bla..bla.. dst”.

Di bagian lain Tahukah Anda tertulis “Bendera Kental Manis bergizi dan lezat, kini dengan 6 vitamin dan 2 mineral bla..bla..dst”.

Lalu, masalahnya dimana?

Yang menjadi masalah adalah Image yang dibangun oleh Frisian Flag kepada masyarakat (baca: kita) selama ini kurang tepat

Betapa sangat kuat Image Susu melekat pada Frisian Flag sehingga generasi zaman dulu yang sudah menjadi nenek/kakek hingga cucu-cucunya zaman sekarang mengenalnya “Susu Bendera”. Padahal ada beberapa produk Frisian Flag bukan kategori susu, sebagai contoh yang diulas di posting ini ternyata berupa Krimer Kental Manis.

Hal ini tidak berarti bahwa semua produk Frisian Flag bukan susu. Mungkin beberapa produk yang lain dari Frisian Flag memang susu. Oleh karena itu, kita sebagai konsumen lah yang harus hati-hati, teliti sebelum membeli!

Lihat juga kata pakar nutrisi bahwa susu kedelai dan susu kental manis itu bukan susu.

Sumber: Moko APT.