16.50
0

Tentu masih ingat di ingatan kita para pecinta kuliner nusantara, bahwa sebuah rubrik travel CNN, pembaca CNNGo, menobatkan rendang sebagai makanan paling lezat di dunia. Nah, kali ini CNNGo merilis daftar 40 Makanan Terbaik Indonesia.


40 Makanan Indonesia Terbaik Versi CNN


CNNGo yang diwakili oleh reporter asal Amerika, Sara Schonhardt dan Melanie Wood melalui peliputan dan penulisannya menemukan berbagai mie dengan kaldu lezat, kari pedas, dan tipe makanan lezat yang khas dari Indonesia.

Dalam perjalanannya, dua  reporter itu banyak melakukan perjalanan di wilayah Jakarta. Itu dilakukan karena menganggap Ibu Kota adalah magnet bagi Indonesia dari seluruh nusantara. Berikut adalah 40 makanan Indonesia terlezat versi CNNGo.

1. Sambal

2. Satay

3. Bakso

4. Soto

5. Nasi Goreng

6. Gado-Gado

7. Nasi Uduk

8. Nasi Padang

9. Ayam Goreng

10. Bakmi Goreng

11. Gudeg

12. Rawon

13. Pecel Lele

14. Opor Ayam

15. Mie Ayam

16. Babi Guling (terutama saat perayaan umat-Hindu di Bali, Suku Batak di Sumatera, dan perayaan lainnya selain perayaan Muslim)

17. Gulai

18. Bubur Ayam

19. Bakpao

20. Asinan Sayur

21. Cah Kangkung

22. Pepes Ikan

23. Pempek

24. Perkedel

25. Martabak

26. Sayur Asem

27. Sop Buntut

28. Ketoprak

29. Balado Terong

30. Lontong Sayur

31. Rendang

32. Tahu Gejrot

33. Sop Kambing

34. Siomay

35. Ikan Bakar

36. Tumis Daun Pepaya

37. Otak-Otak

38. Bebek Goreng

39. Gorengan

40. Mi Instan (Sara dan Melanie menyatakan ini hal yang unik, serta mudah didapat di manapun saat di Indonesia)

Banyak pujian terhadap tulisan tersebut. Beberapa pembacanya merasakan hal ini sebagai kebanggaan bahwa kuliner negerinya dapat dilaporkan dalam laporan saluran berita Internasional.

Namun banyak juga yang menyayangkan karena 40 makanan tersebut kebanyakan dari Indonesia bagian barat. Padahal jika mereka kembangkan pelaporannya hingga ke titik terujung Indonesia, mereka akan menemukan lebih banyak variasi makanan bahkan bahan dasar, simpulan dari respon pembaca.

Di luar kekurangan dan kelebihannya, para pembaca laman CNNGo merasa cukup bangga akan kekayaan kuliner Indonesia. (Solopos)