13.22
0

Honda CR-Z atau sport hybrid, mulai Kamis (28/2), didistribusikan kepada para konsumennya. Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor (HPM), agen tunggal pemegang merek Honda, mengatakan sejak ditampilkan di Indonesia International Motor Show di Jakarta pada September 2012, telah terpesan185 unit.

Mobil Dengan Bahan Bakar Listrik-Minyak


"Honda CR-Z merupakan puncak evolusi perpaduan teknologi sport dan ramah lingkungan yang dikembangkaan Honda," katanya saat melepas rombongan wartawan peserta test drive Honda CR-Z di Jakarta.

Menurutnya, kendaraan berbahan bakar minyak dan listrik (hybrid) terdiri dari dua pilihan, Honda CR-Z transmisi manual 6 perepatan dibanderol on the road seharga Rp 485 juta dan Honda CR-Z tipe transmisi otomatis dengan harga Rp 499 juta.

Sementara, Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director! IPM, menjelaskari Honda CR-Z terdapat dua pilihan yaitu transmisi otomatis dengan teknologi Continuously Variable Transmission (C VT) dan transmisi manual 6 percepatan, dibekali mesin SOHC i-VTEC 1.5 liter (VTEC+DBW+TBR) dan Integrated motor assist.

Performa mesin Honda CR-Z mampu menghasilkan daya maksimal 120 Ps pada putaran mesin 6.600 untuk tipe transmisi manual 6 percepatan dan118 Ps pada putaran 6.600 untuk tipe transmisi CVT.

Adapun piranti integrated motor assist (IMA) dilengkapi dengan baterai bertenaga 144 volt yang mampu menghasilkan 20 Ps.

"Saat mobil berakselarasi, keduanya bekerja bersama. Namun, saat melakukan pengereman,energi yang dihasilkan akan diubah IMA menjadi energi elektrik yang disimpan di dalam baterai," ucapnya.


Honda CR-Z mempunyai tiga mode pengendaraan yaitu normal, sport dan Econ, yang memungkinkan pengemudi dapat memilih salah satunya sesuai pilihan kebutuhan dan kepuasan berkendaraan. Mode normal, cocok digunakan untuk kondisi sehari-hari, mode sport untuk sensasi berkendara yang lebih responsif dan menghasilkan akselarasi lebih bertenaga sehingga lebih fun to drive.

Econ Mode, kinerja mesin disesuaikan untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar sehingga konsumsinya dapat ditekan. Honda CR-Z juga dilengkapi fitur plus sport system, dimana mesin danmotor listrik bekerja secara maksimal untuk menambah daya dan performa yang lebih responsif layaknya tombol "kers" pada mobil Fl untuk menghasilkan tenaga setara mesin V6300 cc. (BPos 2/3/2013)