Kulit merupakan organ yang sangat penting bagi manusia. Selain berfungsi sebagai pelindung tubuh, kesehatan kulit juga akan mempengaruhi penampilan. Perawatan kulit tidak selalu mahal, dengan teknik yang tepat, Anda tetap bisa menjaga kesehatan kulit tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih. Berikut caranya:

Bersihkan kulit secara teratur
Mandi setidaknya dua kali sehari. Perlu diingat, suhu air mandi yang tidak banyak mempengaruhi kondisi kulit adalah yang sama dengan suhu tubuh, tidak terlalu panas atau dingin. Sabun yang baik adalah yang sesuai dengan jenis kulit, dapat menghilangkan kotoran, namun tidak menghilangkan kelembaban kulit.

Berikan pelembab
Agar tetap lembab, sebaiknya gunakan pelembab. Saat memberikan pelembab, jangan terlantarkan daerah yang tersembunyi. Misalnya saja daerah siku, leher, pergelangan kaki atau belakang lutut

Jangan pernah merokok
Merokok dapat merusak kulit secara dramatis. Seorang perokok memiliki kulit yang kusam dan tidak cerah karena darah yang seharusnya membawa oksigen malah membawa racun dan zat oksidan. Rokok juga memperlambat proses regenerasi kulit dan penyembuhan luka karena zat benzopyrene pada rokok menghambat penyerapan vitamin C yang merupakan komponen penting untuk pembentukan kolagen.

Perawatan kulit tidak selalu mahal, dengan teknik yang tepat,


Cukup istirahat
Penelitian menemukan bahwa kulit mengalami regenerasi pada saat malam hari, pukul 1 hingga 3 dini hari. Kurang tidur pada waktu tersebut membuat kulit terlihat pucat

Lakukan olahraga secara teratur 
Olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga aliran darah yang membawa oksigen dan zat makanan ke kulit menjadi lancar. Olahraga juga secara efektif dapat membakar karbohidrat dan lemak sehingga memperindah bentuk tubuh.

Jangan minum alkohol dan konsumsi kafein secukupnya
Alkohol dapat memperlemah sistem pertahanan tubuh, mengakibatkan dehidrasi, mengganggu kelembaban kulit, dan merusak hati. Kafein juga mengakibatkan kulit mengalami dehidrasi. Pertimbangkan mengganti kebiasaan minum kopi dengan teh hijau.

Jangan terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan
Bersihkan tangan sebelum menyentuh wajah. Terkadang tangan menjadi gatal untuk menggaruk, atau mengutil wajah. Kebiasaan ini membuat luka dan pada akhirnya muncul jaringan ikat di bekas luka yang tentu saja dapat mengganggu penampilan.

Cuci wajah dengan teratur
Setidaknya tiga kali mencuci wajah. Pada pagi hari, saat pulang dari kerja dan malam hari saat ingin tidur.

Konsumsi makanan sehat
Makanan yang kaya nutrisi untuk pertumbuhan kulit di antaranya mengandung beta karoten (wortel, aprikot dan squash), vitamin C (jeruk dan mangga), vitamin E (kacang-kacangan), selenium (bawang putih, ikan tuna, bawang dan brokoli) dan zink (bawang, gandum).

Minum yang cukup
Minum dapat membantu mengeluarkan kotoran dari tubuh, berperan sebagai pelembab dari dalam dan mempertahankan kandungan air kulit.

dikutip dari majalah dokter kita, september 2008