22.57
0

Mio versi terbaru dari Yamaha adalah Mio GT, yang disebut Yamaha sebagai reinkarnasi Mio Sporty yang modern. Mio GT artinya Mio Gentle & Tough (mengacu pada konsep desain) dan dari teknologi canggihnya bermakna Great Technology. Mio GT merupakan motor injeksi keenam Yamaha setelah Vixion, Mio J, Soul GT, Jupiter Z1 dan Xeon RC.

Mio GT Black


Yang membanggakan, lebih dari 50 persen konsep desain Mio GT adalah hasil kreasi para insinyur terpilih Yamaha Indonesia. Inilah motor Yamaha pertama yang desainnya lebih banyak dikerjakan insinyur Yamaha Indonesia. Sebelumnya mereka juga berkontribusi di motor-motor Yamaha lainnya tapi tidak sedominan pada Mio GT. Karenanya, Mio GT sangat Indonesia hasil sentuhan insinyur-insinyur pilihan Yamaha Indonesia yang sudah beberapa tahun menimba ilmu di Yamaha Jepang.

Mio GT red


Desain Mio GT sangat sporty dengan wujud lebih modern. Ramping dilihat dari depan agar menambah kelincahan motor. Bodi depannya familiar jelas terlihat dari flasher lamp (lampu depan) hasil evolusi desain sang legenda matik Indonesia yakni Mio Sporty. Bentuk lampu depannya smile seperti wajah tersenyum. Kesan agresif dan cool makin terpancar dari flasher lamp ini yang dilengkapi Aerodynamic Grill Accent. Dimensi bodi depannya tampak lebih kuat tapi lebih ramping untuk meningkatkan feeling berkendara lebih mudah, lebih ringan dan lebih lincah.

Mio GT putih


Untuk melengkapi sporty-nya Mio GT, Yamaha juga meningkatkan kualitas beberapa fitur seperti desain speedometer dengan warna balap dan pola aksen karbon, shock absorber belakang dengan spirit warna musim semi & chrome finishing yang terinspirasi aftermarket racing parts. Serta pelek racing dengan pinstripe untuk meningkatkan penampilan sporty.

Pengeremannya Smart Lock System yang praktis digunakan dan aman saat mengerem di jalan menanjak atau menurun. Kunci kontaknya berfungsi ganda untuk keamanan dan lampu otomatis menyala saat kunci diputar. Mio GT memiliki bagasi yang besar sehingga dapat menyimpan tas, jas hujan dan peralatan lainnya. Yang lebih canggih lagi, Yamaha menyediakan rak depan serba guna untuk menyimpan barang saat perjalanan. 

Sedangkan desain striping Mio GT sangat sporty dan jok didesain dua warna sehingga terlihat lebih trendy dan sporty. Warna bodi barunya dan konsep grafis menunjukkan “Adrenaline Challenger” memberikan imej agresif dan sporty.    

Semua kelebihan ini disempurnakan dengan Yamaha Racing Technology yaitu YM-JET FI, DiAsil Cylinder dan Forged Piston untuk kinerja mesin yang optimal dalam penggunaan sehari-hari yang membuat akselerasi lebih cepat dan konsumsi bahan bakar lebih irit 30%.

Mio GT menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Mio GT ini dijual seharga Rp. 14,076 juta (on the road) untuk wilayah pemasaran Kalimantan selatan (kalsel) dan Rp. 14.601 (on the road) untuk wilayah pemasaran Kalimantan Tengah (Kalteng) (BPost Cetak 26/2/2013). Yamaha menyediakan tiga warna Mio GT yaitu White Knight, Red Spartan dan Black Warrior (Seperti gambar di atas). 

Spesifikasi Mio GT: Dimensi, Rangka, Mesin dan kelistrikan untuk lebih jelasnya dapat dilihat di alamat http://www.yamaha-motor.co.id/mio-gt/.