09.42
0

Ada gedung pencakar langit baru yang tengah dibangun di Milan, Italia. Namun, berbeda dengan gedung pencakar langit pada umumnya, yang satu ini akan didedikasikan sebagai hutan.


Hutan Pencakar Langit itu ada di Milan Italia


Ya, gedung ini nantinya akan dioperasikan sebagai hutan vertikal yang menjulang ke atas. Setelah selesai dibangun akhir tahun ini, proyek dua bangunan ini akan ditutupi pepohonan. Maka itu, gedung tersebut bakal dinamai Bosco Verticale atau Hutan Vertikal.

Boeri Studio, perusahaan di balik desain arsitektur bangunan itu, menjelaskan, "Pembangunan gedung pencakar langit ini dimulai pada 2008 dan direncanakan akan selesai tahun ini. Nantinya semua orang bisa menikmati gedung dengan pepohonan, beragam tanaman, dan semak-semak."

Proyek dua bangunan itu nantinya akan tertutup oleh 480 pohon besar, 250 pohon kecil, dan sekitar 11.000 tanaman. Ini setara dengan 1 hektare hutan.

Selain sebagai objek wisata, pohon-pohon dan semak-semak di bangunan itu akan membantu menyaring polusi udara yang merupakan masalah utama di kota-kota besar seperti Milan. 

"Hutan vertikal membantu untuk membangun iklim mikro dan untuk menyaring partikel debu di lingkungan perkotaan," tulis para desainer. "Keragaman tanaman membantu menciptakan kelembapan dan menyerap CO2 serta debu. Juga, akan menghasilkan oksigen sehingga melindungi orang-orang dan rumah dari sinar matahari dan polusi." (Metrotvnews)