Kebanyakan dari kita memiliki gangguan tidur, tetapi kita sering mengabaikannya tanpa mempertimbangkan fakta bahwa ia dapat memberikan masalah kesehatan yang parah di masa depan, seperti kehilangan memori, depresi, diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Dalam rangka menciptakan kesadaran dan untuk mengkampanyekan pentingnya tidur yang baik dan sehat antara negara-negara di seluruh dunia, World Association of Sleep Medicine (WASM) telah memperingati 'Hari Tidur Sedunia' sejak tahun 2008.


Hari Tidur Sedunia, Sudah Cukupkah Tidur Anda?


Hari Tidur Sedunia yang diadakan setiap tahun, pada hari Jumat minggu ketiga pada bulan Maret, juga ditujukan untuk mempromosikan pencegahan dan pengelolaan gangguan tidur.

Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa sebanyak 93 persen orang merasa masih kurang tidur, kurang dari delapan jam. Dan hanya 2 persen berkonsultasi dengan dokter.

Seperti dilansir Zee News, Jumat (15/3/2013), ada beberapa tips tidur yang sehat dan baik bagi kesehatan Anda:

1. Memiliki jadwal tidur yang teratur

Pastikan bahwa Anda dan keluarga Anda pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Karena dengan kebiasaan seperti ini dapat memperkuat siklus tidur dan bangun tubuh Anda dan membantu mempromosikan tidur lebih baik di malam hari.

2. Biasakan tidur jam 10 malam

Anda harus tahu bahwa pergi tidur lebih awal di malam hari, hindari tidur siang jika memungkinkan. Bahkan, jika Anda tidak dapat menghindari itu, batasi hanya 20 menit setiap tidur siang.

3. Jangan makan sebelum tidur

Cobalah untuk makan dua jam sebelum waktu tidur Anda untuk membantu sistem pencernaan dengan baik dan mendapatkan istirahat yang cukup pada malam hari.

4. Batasi asupan kafein

Anda harus membatasi asupan yang lain, biar Anda dapat terjada sepanjang malam. Disarankan untuk menghindari makanan yang bersifat asam dan pedas karena keduanya dapat membuat Anda mulas.

5. Hindari alkohol

Minum alkohol sebelum tidur bukanlah ide yang baik karena dapat mengganggu tidur dan menyebabkan Anda sering terbangun di malam hari.

6. Minum segelas susu hangat

Susu dipercaya dapat memainkan peran penting dalam mendorong Anda supaya terlelap tidur (liputan6)