17.58
0

Festival Mendongeng/storytelling Nasional 2013 untuk para guru/pustakawan TK/RA, PAUD, SD dan yang setara serta komunitas pencinta buku dan penulis cerita/dongeng anak




Festival Mendongeng Nasional 2013


Mendongeng atau storytelling adalah kebiasaan turun temurun yang dilakukan oleh leluhur sebagai pengantar tidur anak. Dongeng untuk anak selalu mengandung nilai-nilai keteladanan, kebaikan dan kejujuran.

Sayang jaman sekarang anak-anak jarang mengenal dongeng, karena selain orang tua sibuk bekerja, guru di sekolahpun tidak terbiasa bercerita, mendongeng atau menulis dongeng yang disesuaikan dengan kondisi dan perubahan jaman. 

Dongeng yang baik adalah dongeng yang tidak bersifat menggurui dan menakuti tetapi mampu mempengaruhi daya pikir kearah pembentukan karakter anak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu dongeng atau storytelling jaman sekarang perlu disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak yang sudah mengenal berbagai peralatan elektronik audio visual dan digital.

Anak-anak kini perlu dibuatkan dongeng/cerita yang berakar dari kultur budaya Indonesia yang mengandung nilai-nilai luhur yang didongengkan secara menarik sesuai dengan kondisi jaman.

Dengan berbagai pemikiran tersebut di atas, Klub Perpustakaan Indonesia (KPI-Pusat) mengundang Bapak/Ibu /Sdr. Guru/Pustakawan TK/RA, PAUD, SD dan yang setara, komunitas pencinta/pemerhati/penulis dongeng untuk mengikuti Festival mendongeng Nasional 2013, dengan ketentuan dan persyaratan sebagai tercantum di brosur pada link ini. Penyelenggaraan Festival Mendongeng Nasional th. 2013 ini didukung dan dibantu oleh berbagai pihak yang peduli akan pembangunan karakter anak bangsa.