14.24
0

Graham Hughes, pria asal Inggris memiliki kisah luar biasa sebagai solo traveling. Dia melakukan perjalanan keliling dunia selama empat tahun, tanpa sekalipun naik pesawat terbang! Dirinya pun mengaku pernah berkunjung ke 201 negara di dunia.

"Aku sudah berkeliling dunia selama 1.426 hari, itu berarti 203 minggu, yang juga berarti hampir 4 tahun. Kini, aku menjadi orang pertama yang mengunjungi seluruh negara tanpa naik pesawat," ucap Graham

keliling dunia tanpa menggunakan pesawat

Ini pria yang keliling dunia tanpa menggunakan pesawat (smh.com.au)

Solo traveler berusia 33 tahun ini mempunyai empat aturan penting dalam perjalanannya keliling dunia. Antara lain, tidak boleh terbang dengan pesawat. Lalu, dia harus mengendarai kendaraan yang disewa atau dipinjam. Kemudian, dia harus menggunakan kendaraan umum yang terjadwal. Terakhir, untuk memastikan benar-benar sudah mengunjungi sebuah negara, dirinya harus menginjakkan kaki di tanah yang padat.


Awal perjalannya dimulai pada 1 Januari 2009 dari Uruguay. Setelah itu, dirinya mulai berkelana ke berbagai negara termasuk negara-negara kecil seperti Kosovo, Palestina, Taiwan, Vatikan dan Sahara Barat. Tentu saja sendirian dan tanpa naik pesawat!

Berbagai pengalaman menarik pun menjadi bumbu perjalanan Graham. Dia sempat dipenjara selama seminggu di Kongo dan Rusia. Saat di Rusia, dia ditahan karena ketahuan ingin masuk diam-diam ke negara tersebut. Graham juga mengaku pernah mengunjungi Korea Utara. Kini dirinya sedang berjuang untuk mematenkan perjalanannya tanpa naik pesawat kepada Guinnesss World Record. (Detik)