16.38
0

Setiap orang tentu ingin memiliki badan yang sehat dan bugar, serta tidak dihinggapi penyakit. Bahkan kita menginginkan kondisi tersebut hingga hari tua. Sehingga, masa tua tak diisi dengan minum obat dan kontrol ke dokter.

Memiliki tubuh sehat tidak diperoleh dengan instan. Itu pasti membutuhkan proses untuk mendapatkannya. 
Salah satu faktor penentu kesehatan adalah dari apa yang dikonsumsi, yaitu makanan. Selain itu, jangan melupakan untuk mengkonsumsi air sekurang-kurangnya 8 gelas per hari. Sebab kurang cairan dapat menyebabkan dehidrasi yang mengakibatkan fungsi otak tidak berjalan dengan baik.  Nah terkait ini ada 4 tips sederhana yang baik kita simak.


Kita harus pandai-pandai menakar jumlah makanan yang dilahap. Makanan yang dikonsumsi sama dengan energi yang dikeluarkan. Dalam sehari, sebaiknya kita mengonsumsi karbohidrat sebanyak 55 - 60 persen, lemak 30 persen, dan protein 15 persen. Apabil jumlah makanan yang dikonsumsi banyak, timbangan (berat badan) tentu naik. Tetapi kalau jumlahnya kurang, tentu tidak baik juga

4 Tips Mencegah Tubuh Melar

Idealnya, jadwal makan tiga kali sehari. Pagi, siang, dan malam. Ditekankan untuk tidak pernah melewati makan pagi atau sarapan. Pasalnya, melewatkan jadwal makan akan mengakibatkan makan berlebihan di jam makan berikutnya, karena metabolisme rendah. Orang yang skip breakfast lebih gemuk dari orang yang sarapan. Orang gemuk tidak suka makan pagi, jadi makan siang sebagai pelampiasan "dendam" makan ini dipengaruhi hormonal. Makan 5 - 6x untuk orang diabetes dan maag.



Semakin banyak jenis warna pada sayuran akan semakin bagus. Itu karena sayur dan buah yang berwarna-warni memiliki kendungan antioksidan untuk mencegah penyakit. Ada baiknya kita mengurangi protein hewani, seperti daging merah, jeroan, dan kuning telur. Sebagai gantinya, dapat mengkonsumsi tahu, tempe, ikan, atau ayam. Kurangi kebiasaan mengonsumsi gorengan, seafood kolesterol tinggi (cumi, udang, kepiting).

Cobalah makan ketat selama delapan minggu, kemudian pada minggu ke-9 makan gorengan misalnya, biasanya nanti rasanya tidak enak. 


Selain jenis makanan yang menentukan pola makan sehat, cara memasak dan mengolahnya juga berperan penting. Sebaiknya kita mengurangi makanan yang dimasak dengan garam, gula, penyedap rasa (MSG), serta bahan olahan.

Semoga tips sederhana ini dapat membantu Sobat. Semoga tidak terlambat bagi yang memasuki usia 40 tahun. Dan bagi sobat yang masih muda, saatnya beralih ke gaya hidup yang lebih sehat. OK