20.04
0

Telepon Seluler (Ponsel) atau Handphone (HP) kini menjadi bagian tidak terpisahkan dari diri kita di setiap keseharian. Bahkan mungkin ada yang menyatakan lebih baik ketinggalan dompet daripada ponsel saat keluar rumah. Tetapi, perlu diingat, bahwa ada yang harus diwaspadai dari ponsel ini. Yakni radiasi.


Cara Mudah Mengurangi Efek Radiasi HP



Ponsel mengeluarkan radiasi yang berefek pada tubuh. Agar efek itu berkurang, langkah-langkah berikut bisa digunakan untuk mengurangi efek radiasi dari Ponsel kita:

Mengambil jarak
Sebagian besar merek ponsel mencantumkan jarak antara pemakai dan ponselnya, misalnya 10 milimeter dari tubuh. Belajarlah untuk tidak terlalu dekat dengan ponsel. Mungkin sulit, tetapi bukan tidak mungkin.

Hindari sinyal lemah
Ponsel memancarkan radiasi pada frekuensi tinggi ketika sinyal lemah. Ini berarti Anda harus menghindari menggunakan ponsel ketika sinyal lemah untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Gunakan hands-free
Kadang-kadang gunakanlah hands-free saat menelepon. Ini akan mengurangi radiasi ponsel pada otak karena Anda tidak secara langsung menaruhnya di kepala. Anda juga dapat menggunakan speaker, menelepon sambil menjaga jarak dengan ponsel Anda.

Bergantian telinga
Jangan menghabiskan terlalu lama menelepon dengan satu telinga. Gunakan bergantian antara telinga kanan dan kiri. Ini akan mengurangi paparan radiasi gelombang magnetik dan panas yang dikeluarkan oleh ponsel. (Intisari)