15.21
0

Rumah yang digadang-gadang sebagai salah satu yang termahal di Inggris bahkan dunia laku terjual dengan nilai 80 juta pound sterling atau setara Rp1,1 triliun. Angka ini cukup fantastis dan langsung mencetak rekor sebagai penawaran terbesar dalam sejarah properti di negeri Ratu Elizabeth tersebut.


Rumah Termahal Di Dunia Laku Rp 1 Triliun!


Dilansir Daily Mail, Selasa 12 Maret 2013, One Cornwall Terrace adalah rumah Grade 1 atau paling premium yang terletak di pusat kota London, Inggris. Lalu siapa pembeli rumah termahal itu? Dia adalah seorang pengusaha properti raksasa Inggris, Marcus Cooper. Ia berhak memiliki rumah yang telah berdiri sejak 1820 silam itu.

Nama Cooper sendiri tidak diperhitungkan oleh para pengamat properti. Mereka justru memperkirakan pembeli rumah tersebut adalah seorang pengusaha kaya dari Rusia atau Timur Tengah.

Harga yang ditawarkan untuk rumah itu dinilai sebanding dengan fasilitas serta keistimewaan yang dimilikinya. Belum lagi, rumah itu didesain oleh arsitek John Nash, yang juga merancang Istana Buckingham.

Dengan luas 21.500 kaki persegi atau sekitar 2.000 meter persegi, di dalam rumah empat lantai ini terdapat tujuh kamar tidur, sembilan kamar mandi, 11 ruang perjamuan, serta taman hijau yang luas. Tak ketinggalan teknologi canggih sudah diadopsi rumah tersebut, di mana pencahayaan di dalam dan sekitarnya dapat langsung dikontrol lewat iPad.

"Ini adalah rumah piala dan kita tidak terkejut dengan harga yang ditawarkan, meski 492 kali lebih mahal dari nilai rata-rata properti di Inggris. Tak heran pembelinya akan harus bersaing dengan orang-orang dari seluruh dunia," kata pakar properti Henry Pryor.


Sebagai pemilik baru One Cornwall Terrace, Cooper nantinya harus mengeluarkan pajak yang cukup besar, senilai 7 juta pound sterling atau setara Rp108 juta. Cornwall Terrace dinamai oleh Raja George IV yang memiliki gelar Duke of Cornwall. 

Sebelumnya, rumah ini digunakan sebagai kediaman para duta besar dan tamu-tamu kehormatan negara selama hampir 150 tahun. Dan pernah menjadi kediaman komisioner tinggi Selandia Baru. (tribun)