Berikut empat tipe karakter dan temparamen dasar anak yang berbeda

1. Anak Sanguinis, 
Tipe anak ini jika dimarahi akan cenderung menangis, ngambek, namun jika dibaiki, dirayu dengan cepat pula kembali normal. Sanguin sisi positifnya cenderung periang, jujur, semangat, antusias, suka menjadi perhatian, suka menonjol, suka tampil memeriahkan suasana. 

Kelemahannya tidak teratur, sembarangan, tidak rapi, mudah putus asa, ingkar janji karena mudah berubah-ubah.

Tipe ini cocok untuk mengambil ilmu marketing dan menjadi pengusaha atau pedagang yang sukses, ataupun kalau mengambil ilmu komunikasi, public relation, media, psikologi atau ilmu sosial lainnya.


2. Anak Kolerik, 
Anak dengan tipe ini jika dimarahi akan cenderung membantah, melawan atau berteriak. Kolerik memiliki sisi positif seperti kemauan yang keras, drive yang kuat, tidak mudah putus asa, memiliki kepemimpinan yang tinggi, berani bicara, berani protes.

Tipe ini cocok untuk mengambil kuliah hukum dan diarahkan untuk menjadi pengacara atau politikus.

3. Anak Melankolik, 
Tipe anak ini jika dimarahi akan menjadi murung, sedih dan bahkan menyalahkan dirinya sendiri terlalu jauh dan menjadi down. Melankolik mempunyai sisi positif biasanya kuat dalam hal seni, peka dengan orang lain, perasa dan lemah lembut.

Tipe ini berbakat di bidang seni. melukis, senang menggambar sehingga cocok untuk mengambil jurusan arsitektur atau design interior, atau tata kota atau dia anak yang tidak suka bergaul, tetapi teliti dan tekun yang mungkin menjadi programmer, komputer, akuntan atau kedokteran.

4. Anak Plegmatik, 
Anak dengan tipe ini jika dimarahi cenderung "Cuek Berat" tidak ada ekspresi jika dimarahi, seperti mengacuhkan. Kita bisa jadi jengkel karena yang dimarahi koq seperti tidak merasa bersalah. Plegmatik ada sisi positif, dia emosinya stabil, tekun, setia dan follower yang baik.

Sumber: Buku A to Z cara Mendidik Anak.