06.09
0

Bekerja itu penuh tantangan. Tak semudah yang Anda bayangkan sebelumnya. Jadi, bagi para mahasiswa, mendapat peluang magang di sebuah perusahaan menjadi cara ampuh untuk langsung nyemplung ke dunia profesional sesungguhnya. 

5 Langkah Agar Berhasil dalam Magang


Magang banyak manfaatnya. Proses belajar kerja tersebut mampu memperbanyak akses dan memperkaya wawasan. Pengalaman pun jadi bertambah banyak.

Kuncinya agar proses magang bisa berjalan lancar. Anda perlu bermental tahan banting dan memiliki disiplin tinggi dalam membagi waktu. Setelah yakin memiliki kedua amunisi itu, saatnya untuk memasang mata dan telinga untuk menggali informasi.

Ada beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk ketika hendak mencoba magang.

  1. Bila sudah tahu pekerjaan yang diminati,   sebaiknya   cari kerja magang di perusahaan atau instansi yang sesuai dengan bidang studi.
  2. Cobalah untuk bekerja sebaik mungkin. Posisi apa pun yang didapat, kerjakan sebaik baiknya. Lalu, pelajari situasi dan lingkungan kerja agar Anda dapat lebih cepat beradaptasi.
  3. Anda dapat lebih berani tampil. Bila situasi memungkinkan, beranilah untuk mengemukakan ide dalam forum terbuka. Siapa tahu, ide Anda mampu menjadi salah satu opsi yang dinanti untuk melancarkan pekerjaan.
  4. Wajib disiplin. Ketika memasuki dunia kerja, ada peraturan yang perlu ditaati. Anda sebagai pekerja magang pun wajib mematuhinya. Jangan berbuat semena-mena atau datang siang atau melanggar jam masuk kantor.
  5. Belajar menabung. Mungkin saja, baru kali ini Anda akan mendapat penghasilan dari pekerjaan magang. Untuk itu, sisihkanlah pendapatan dari magang ke dalam tabungan. Kelak Anda akan merasakan manfaatnya.