PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali meluncurkan bebek underbone Suzuki Shooter 115 R. Bebek bermesin 115 cc ini menyasar segmen bawah atau low entry dan sudah mengadopsi teknologi injeksi langsung atau fuel injection dan diklaim sebagai bebek pertama di segmen entry level yang mengadopsi teknologi fuel injection. 



suzuki shooter



Bebek ini dipasarkan dalam tiga varian pilihan, yakni Shooter 115 Fi SR dengan velg racing, dan rem roda depan sudah menggunakan rem cakram (varian tertinggi), Shooter 115 Fi K dengan velg jari-jari dengan rem cakram pada roda depan (varian menengah), serta Shooter 115 Fi dengan velg jari-jari dan rem depan tromol.

Semua tipe Shooter 115 Fi sudah dipasarkan SlS melalui jaringan dilernya di seluruh Indonesia sejak minggu kedua April 2013.

Presiden Direktur SIS AkiraUtsumi pada acara peluncuran sepeda motor ini di Hotel Hilton, Bandung, Sabtu (4/5) lalu mengatakan, Shooter 115 Fi merupakan jenis bebek yang sangat irit bahan bakar sekaligus menyandang performa mesin kencang.

"Dua karakter tersebut dicapai melalui serangkaian uji coba ketat di fasilitas riset dan pengembangan Suzuki, serta penerapan teknologi low friction pada mesin 4 tak-nya,"ujar Akira Utsumi.

Dia menyebutkan, teknologi low friction dipadu dengan sistem pembakaran bahan bakar fuel injection membuat motor ini 37 persen lebih irit dalam konsumsi bahan bakar dibanding Suzuki Titan, bebek Suzuki yang sudah dipasarkan di Indonesia lebih dulu.

Assistant Chief Engineer Motorcycle Product Planning Department Motorcycle Operations Suzuki Motor Corporation Minoru Hirahara mengatakan, keiritan konsumsi bahan bakar Shooter 115 Fi dicapai melalui penggunaan material piston yang lebih lentur dan camshaft yang ringan dan berkualitas tinggi, pengurangan gaya gesek dengan roller rocker arms, serta rekayasa teknologi ruang bakar dengan memodifikasi sudut katup dan valve spring. Irihara juga menyebutkan, pada Shooter 115 Fi, ukuran camshaft dan rocker arm juga diperkecil dibanding komponen sejenis pada bebek Suzuki sebelumnya. Dimensi mesin motor ini juga lebih kecil dibanding Smash Titan.

Sistem pembakaran pada Shooter 115 Fi dikontrol melalui peranti yang disebut ECM (Electronic Control Module) yang ditempatkan di bawah jok dan berfungsi sebagai ''otak" dari teknologi fuel injection-nya. "ECM akan menangkap sinyal dari sensor-sensor dan secara bersamaan menghitung volume bahan bakar yang dibutuhkan mesin,lalu memerintahkan ke fuel injector" papar Minoru Hirahara.

Dia juga menyebutkan, bobot Shooter 115 Fi menjadi lebih ringan berkat penggunaan rangka dan swing aim dari material ringan namun kuat menahan bobot maksimal berkendara.

"DNA mesin Shooter berasal dari moge Suzuki" klaim Hirahara. Shooter 115 Fi tersedia dalam delapan pilihan warna, dan dilepas dengan harga Rp 13.250.000 (tipe SR), Rp 12.450.000 (tipe R) dan Rp 11.600.000 (tipe standar). Semua harga on the road Jakarta. (Bpost 6/5/2013)



Keistimewaan Shooter FI Suzuki
  • Bebek berinjection berteknologi tinggi
  • Bodi ramping
  • Larinya sangat gesit dan kencang
  • Lampu depan lebar sehingga penerangan 2 kali lebih luas dan tajam
  • Bahan bakar super irit
  • Mesin berkekuatan 110 cc
  • Tanjakan dua kali lebih kuat
  • Bagasinya seluas 7,6 liter
  • Mesin dilengkapi dengan pelindung panas
  • Dilengkapi pula Street Balancer (peredam getaran)
  • Sangat nyaman dalam bekendara



Tigas Jenis Shooter FI:


  • Shooter R jari-jari Tromol
  • Shooter Fl Cakram
  • Shooter Fl Velg Bintang