07.45
0
Wow keren deh! Pertengahan bulan tadi  Portal berita Kompas Edukasi menghadirkan berita Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Banyumas, Jawa Tengah, Prototipe 'Lift' Jembatan Penyeberangan.

Total 3 orang pelajar muda, yakni Yuli Setyani (15), Dimas Bangkit Satriawan (14) dan Rumiati (14), menciptakan lift hemat energi dengan penyeimbang air sebagai pengangkat dan penurun orang pada jembatan penyeberangan. Lift tersebut diberi nama "Lidirum" yang berasal dari pengabungan nama-nama mereka.

lift jembatan

Ide pembuatan lift ini berdasarkan pemikiran mereka terhadap kepadatan arus lalu lintas di Jakarta. Mengingat juga jembatan penyeberangan yang ada jarang dimanfaatkan untuk menyeberang oleh warga karena harus naik-turun tangga.

Karena itu, tiga pelajar yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja SMPN 2 Banyumas itu  mencari cara alternatif agar jembatan penyeberangan menjadi lebih nyaman bagi warga.

Dengan bimbingan guru Fisika, Pak Aji Sambudi, mereka akhirnya membuat miniatur lift jembatan penyeberangan dan berhasil meraih predikat Juara II dalam Lomba Kreativitas Ilmiah Remaja (LPIR) Tingkat Nasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 24-29 September 2012 tahun lalu.

Lift itu bekerja menggunakan pompa untuk menyuplai air ke tangki penyeimbang. Ketika tangki penyeimbang penuh dengan air, lift akan naik ke atas. Dan sebaliknya, saat air dalam tangki penyeimbang dikeluarkan, lift akan turun. Dengan begitu, pejalan kaki yang hendak menyeberang jalan diharapkan dapat merasa lebih aman dan nyaman.

Penggunaan lift pada jembatan penyeberangan sebelumnya sudah ada, tetapi mereka membuat inovasi baru dengan menggunakan tangki berisi air sebagai penyeimbang. Lift dengan penyeimbang air ini diperkirakan lebih hemat energi karena hanya menghabiskan listrik 50 persen dari lift yang sudah banyak digunakan. Itu disebabkan listrik hanya dibutuhkan untuk memompakan air ke dalam tangki penyeimbang. Berbeda dengan lift yang umumnya menggunakan listrik untuk menggerakkan motor pengangkat maupun penurun.

Hanya saja, lift ini memerlukan ruang yang cukup luas jika karena salah satu sisinya lebih besar untuk tempat tangki penyeimbang. Solusi untuk itu, bisa saja tangki penyeimbang diletakkan di atas sehingga tidak membutuhkan ruang yang luas.

Demikian Info Terapung dari sumber edukasi.kompas.com (15/1/2013)