05.50
0

Biaya pendidikan yang mahal terutama di tingkat Universitas memunculkan kembali perdebatan lama, perihal apakah orang tua perlu mengeluarkan biaya besar untuk memasukkan anaknya ke sekolah yang elit dan mahal. 

Jawabannya jika Anda mengharapkan anak Anda mendapatkan penghasilan yang layak seusai kuliah, maka jangan pertimbangkan keuangan sebagai pembuka jalannya. 


10 Universitas Pencetak Miliarder Dunia


Penelitian terbaru dari Perusahaan Riset Wealth-X memberikan pemeringkatan terhadap seluruh Universitas di dunia yang berhasil mencetak miliarder dan kalangan kelas atas. 

Meski setiap alumni atau lulusan sebuah Perguruan Tinggi memiliki karakter tersendiri, tetapi mereka sebenarnya memiliki beberapa ciri-ciri yang sama. 

Presiden Wealth-X, David Friedman mengatakan hampir semua lulusan dari 10 perguruan tinggi teratas yang berhasil mencetak miliarder berasal dari swasta.

Berikut 10 Universitas yang memiliki lulusan miliarder, seperti dilansir CNBC.com, Selasa (26/2/2013).

1. Harvard University 

Jumlah alumni miliarder: 52 orang

Nilai kekayaan: US$ 205 miliar

Universitas Harvard kini berdiri di tengah-tengah jaringan bisnis global. Sebutlah Jorge Lemann, pria asal Brasil yang langsung menempati pekerjaan di Credit Suisse, menjalani karier di bidang perbankan dan usaha bir seusai lulus dari kampus ini.

Adapula konglomerat global yang baru-baru ini mengumumkan kesepakatan pembelian perusahaan saus dan kecap, HJ Heinz yakni, Warren Buffett.

Lemann juga memiliki rekan yang menjadi pendiri Facebook, Eduardo Saverin, merupakan lulusan Harvard yang menjadi miliuner dari Silicon Valley.

Jumlah miliarder asal Harvard mungkin tak tertandingi selama bertahun-tahun yang akan datang.


2. University of Pennsylvania

Jumlah alumni miliarder: 28

Nilai kekayaan: US$ 112 miliar

Pengusaha New York, Ronald Perelman tak melupakan saat dirinya mendapatkan gelar MBA dari Penn Wharton School. Sebagai ucapan terima kasih, dia memberikan sumbangan US$ 25 juta untuk mendanai Pusat Ilmu Politik dan Ekonomi di jantung kampus Penn, Ronald O. Perelman.


3. Stanford University

Jumlah alumni miliarder: 27 orang

Nilai kekayaan: US$ 76 miliar

Secara resmi, pendiri Google, Sergey Brin memang cuti untuk meraih gelar Ph.D. di Stanford. Namun statusnya tersebut tetap menunjukkan dirinya sebagai perwakilan miliarder teknologi modern dari Universitas tersebut. 

Bahkan Bill Gates atau Mark Zuckerberg sekalipun tetap dikatakan melanjutkan pendidikan di kampus asalnya Harvard sebelum melihat jalur usaha yang lebih menguntungkan. 

Seperti Brin, 71% miliarder Stanford meraih usahanya sendiri. Sebagian bersedia meninggalkan Stanford untuk menemukan kekayaan berlimpah di luar jalur pendidikan.


4. New York University

Jumlah alumni miliarder: 17

Nilai kekayaan: US$ 68 miliar

Jika bertandang ke New York, pasti tidak mungkin melupakan New York University (NYU). Pada akhir 1970-an, NYU adalah sekolah komuter regional, rumah bagi anak-anak asli seperti John Paulson, yang dibesarkan di East River, yakni kompleks apartemen kelas menengah di Queens. 

Paulson kemudian meninggalkan NYU untuk bepergian, lalu kembali untuk mengambil gelar bisnis sebelum pergi ke Harvard untuk meraih gelar MBA.

Saat ini, sekitar 74% alumni miliarder NYU tercetak dengan usaha sendiri. Persentase yang sama seperti Harvard.


5. Columbia University

Jumlah alumni miliarder: 15

Nilai kekayaan: US$ 96 miliar

Belajar bisnis di ibukota keuangan negara memiliki arti tertentu. Untuk Warren Buffett, memiliki saat di sekolah bisnis ini menjadi selingan singkat. 

Di sini dia belajar di bawah Benjamin Graham dan David Dodd, penulis dari "Security Analisis, buku tentang nilai investasi.


6. Massachusetts Institute of Technology

Jumlah alumni miliarder: 15

Nilai kekayaan: US$ 114 miliar

MIT memiliki reputasi universitas paling elit yang kosmopolitan. Kampus ini dikenal melahirkan analis kuantitatif.

Miliarder David Koch yang aktif secara politik, ternyata adalah seorang bintang basket di universitas tersebut. Hingga kini, masih memegang rekor untuk mencetak poin per game.


7. Cornell University

Jumlah alumni miliarder: 14

Nilai kekayaan: US$ 35 miliar

Seperti Herbert Fisk Johnson III, 23% dari miliarder asal Cornell didapatkan karena warisan daripada meraih dengan usahanya sendiri. 

Fisk merupakan keturunan kelima perusahaan pembersih raksasa SC Johnson & Son. 

Namun bukan berarti dia tidak bisa berhasil sendiri. Fisk memiliki dua gelar master, di bidang teknik dan fisika, serta Ph.D dalam fisika dan MBA, semua di Cornell University.


8. University of Southern California

Jumlah alumni miliarder: 14

Nilai kekayaan: US$ 32 miliar

Sebagian besar pengamat memilih UC Berkeley di California sebagai universitas utamanya. Kampus ini dikenal terutama untuk jurusan filmnya, seperti sutradara Star Wars George Lucas. 

Memang, berdasarkan peringkat alumni kelas atas, Berkeley masuk didalamnya dengan mudah. Miliarder USC merupakan salah satu yang paling kaya dalam daftar ini.


9. Yale University

Jumlah alumni miliarder: 13

Nilai kekayaan: US$ 77 miliar

Ivy League University berada di 10 teratas untuk alumni miliardernya. Yale banyak melahirkan alumni dari kalangan elit Amerika, dengan tiga dari empat presiden terakhir memegang gelar Yale.

Namun adapula Stephen Schwarzman, CEO dari perusahaan ekuitas swasta Blackstone Group.


10. University of Cambridge

Jumlah alumni miliarder: 11

Nilai kekayaan: US$ 48 miliar

University of Cambridge Cambridge telah bertahun-tahun menduduki daftar universitas terbaik bagi siswa internasional seperti pengusaha Real Estate asal Beijing Zhang Xin.

Sebagai seorang remaja membeli sendiri tiket ke Inggris dengan tabungan dari pekerjaan pabrik di Hong Kong. Bekerja paruh waktu di sebuah toko ikan dan keripik, ia mengambil gelar master dalam pengembangan ekonomi.

Saat ini, berbekal warisan dari suaminya sebesar US$ 2,65 miliar, dia membuat dia wanita ketiga terkaya di Cina (Liputan6)