10.48
0

SIAPA tak ingin meraih kesuksesan? Apapun jenis pekerjaan yang dipilih, Anda pasti ingin memetik keberhasilan. Semua orang tentunya berharap untuk menjadi pemenang dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya.

Karakter yang Harus Dimiliki Untuk Mencapai Puncak Karir


Tidak ada yang bersedia untuk kalah begitu saja, karena kekalahan bukanlah hal yang menyenangkan untuk siapapun yang mengalaminya. Lalu karakter seperti apa yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi yang terbaik?


#1 Set YourGoal. 
Anda harus mempunyai tujuan. Tujuan akan memberi panduan mengenai langkah-langkah yang harus Anda ambil, sehingga membuat segala hal yang Anda lakukan menjadi lebih bermakna. Tujuan yang Anda tetapkan ini memacu diri untuk 'berlari' lebih kencang

#2 Do It With Passion. 
Apapun jenis pekerjaan Anda, lakukan dengan baik dan bersemangat. Jangan pernah menganggap pekerjaan sebagai sebuah kewajiban berat yang harus Anda lakukan. Apapun yang Anda kerjakan, jika melakukannya dengan setengah hati hasilnya juga tak akan maksimal.

Anda pun juga tak akan mendapat kepuasan hati, karena yang ada di pikiran hanya, "Yang penting pekerjaan saya selesai."

#3 Bring Your Idea. 
Selalu tawarkan ide yang bagus - baik kepada atasan, rekan kerja, ataupun klien Anda. Jangan pernah bosan untuk terus mengembangkan ide Anda. Berusahalah untuk selalu menemukan solusi atas setiap persoalan yang Anda hadapi, atau bahkan yang dihadapi oleh orang lain. Lihat saja Sam Walton yang awalnya hanya memiliki keinginan sederhana, yaitu mendirikan toko kelontong dengan harga yang murah dan pelayanan ramah. Siapa sangka ternyata ide sederhananya ini kini telah membuatnya berhasil ini kini telah membuatnya berhasil menjadi pemilik Wal-Mart, jaringan pasar swalayan terbesar di Amerika Serikat! So, tak perlu malu jika ide yang Anda miliki terkesan sederhana, karena dari situlah Anda bisa mengembangkannya menjadi sesuatu yang luar biasa.

#4 Never Give Up. 
Jangan jadikan penolakan sebagai hal yang mematikan semangat Anda untuk meraih puncak kesuksesan. Dalam bukunya yang berjudul To Be Great, John Grisham menulis, "Anggaplah penolakan itu sebagai lencana kehormatan." Dan ini bukan sekedar omong kosong belaka, karena John Grisham baru berhasil menerbitkan buku pertamanya setelah ditolak lebih dari 30 penerbit! Jangan pernah patah arang hanya karena Anda dianggap gagal dalam sebuah proyek oleh atasan. Hadapi segala macam rintangan dengan berani, tanpa putus asa dan tak mengeluh. Experience is the best teacher.


#5 Easy to Adapt. 
Milikilah kemampuan untuk memandang segala persoalan, situasi, dan orang lain dariberbagai sudut pandang yang berbeda. Ini akan memudahkan Anda nantinya untuk beradaptasi dengan berbagai keadaan. Tak ada orang yang bisa sukses tanpa mendapatkan dukungan dari orang lain. Please remember: orang sukses bukan hanya pandai dalam membina hubungan dengan orang lain, namun juga pandai meraih dukungan dari orang lain. Berpikir dan bertindaklah secara positif dalam menyikapi setiap hal yang Anda alami. Menghadapi berbagai situasi dan pribadi yang berbeda-beda juga menuntut Anda untuk mampu mengendalikan emosi dan
ego pribadi.

#6 Always Learn. 
Anda tak boleh cepat berpuas diri atas apa yang telah Anda dapatkan. Banyak pemenang yang larut dalam kemenangannya dan setelah itu tidak pernah kembali menjadi pemenang. Mengapa? Karena ia gampang puas dan kehilangan motivasi untuk meraih kesuksesan yang berikutnya - bahkan mungkin yang lebih besar. Tak mengherankan jika saat ini lebih sedikit orang yang bisa bertahan sebagai pemenang daripada orang yang berhasil merebut sebuah kemenangan. Kesuksesan memang sesuatu yang baik dan berharga, but the most important thing is, Anda harus bisa memaknai kesuksesan yang telah Anda raih. Jangan pernah berhenti untuk mengembangkan kualitas diri agar terus tumbuh lebih baik setiap harinya. (BPost Cetak 24/2/2013)