19.00
0

Pisang atau Musa paradisiaca (Musa acuminata) merupakan tanaman buah-buahan yang mudah sekali kita jumpai. Tanaman ini diduga berasal dari kawasan Asia Tenggara, kemudian tanaman ini menyebar ke Afrika, kemudian menyebar lagi ke seluruh dunia.  Tanaman pisang menyukai iklim tropis panas dan lembab terutama di dataran rendah.  Indonesia, Kepulauan Pasifik, Amerika, dan Brazil dikenal sebagai negara pengekspor pisang. Di Indonesia pisang dapat tumbuh di dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 2000 m dpl.



Dan biasanya pisang tidak dibudidayakan secara khusus, hanya saja biasanya ditanam berkelompok di halaman, kebun, tepian sungai. Kita mengenal tanaman ini dengan banyak sebutan, di Jawa orang menyebutnya sebagai gedang, pisang, kisang, ghedhang, kedhang. Di Sumatera pisang, galuh, puntik, pusi, galo. Di Kalimantan disebut  harias, punsi, pisang, pute. Di Sulawesi dijuluki tangin, lambi, loka, unti, punti dan uti, dan lain sebagainya.

Dan tahukah Anda, bahwa pisang termasuk salah satu tanaman yang cukup unik. Mengapa? Ya, karena tanaman pisang merupakan tanaman yang hanya berbuah satu kali, setelah itu pohonnya akan mati dengan sendirinya.

Ciri-ciri tanaman pisang ini yaitu:
Akar Serabut
Batang Bonggol yang pendek, batang nya semu yang sebenarnya tersusun atas tumpukan pelepah
Daun Mempunyai daun muda yang menggulung dibagian tengah tanaman dan bentuknya memanjang, permukaan atas bawah berlilin. Warna daun hijau.
Bunga Majemuk, tiap kuncup bunga dibungkus oleh seludang berwarna merah kecoklatan.
Buah Buni, bulat memanjang atau bengkok tersusun seperti sisir dua baris, dengan kulit berwarna hijau, kuning. Berbiji bulat kecil berwarna hitam.


Bila dilihat dari pemanfaatannya, pisang  dibagi dalam beberapa jenis:

Pisang yang dapat dimakan buahnya tanpa dimasak yaitu pisang ambon, pisang susu, pisang raja, dan pisang mas.
Pisang yang dimakan setelah buahnya dimasak dahulu  yaitu pisang nangka, pisang tanduk, dan pisang kepok.
Pisang biji biasanya dimanfaatkan daunnya yaitu pisang batu / klutuk (kadang bisa juga dimakan meski terlalu banyak biji-bijinya).
Pisang yang diambil seratnya yaitu pisang manila.
Pisang yang tidak bisa dimakan, hanya digunakan sebagai hiasan : pisang hias, pisang kipas, pisang abaka.
Pisang mempunyai kandungan gizi yang sangat baik antara lain, menyediakan energi yang cukup tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Pisang kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Pisang juga mengandung vitamin seperti vitamin C dan B kompleks.

Manfaat buah pisang :
Digunakan sebagai makanan penting dalam diet
Menjaga tekanan darah agar tetap normal
Menjaga kesehatan tulang
Menjaga kesehatan organ pencernaan dan mengobati sembelit
Pencegah kanker
Anti inflamasi
Mengurangi efek nikotin pada tubuh
Mencegah anemia
Menjaga kelembaban kulit

Beberapa contoh manfaat  pisang bagi kesehatan kita diantaranya:

Darah tinggi disertai sembelit
Blender buah pisang berikut kulitnya 500 gram, tambahkan wijen hitam 15 gram, ditambah air secukupnya. Minum sampai keadaan sakit berkurang.

Anemia
Cuci bersih anak pisang kepok yang tingginya sejengkal beserta akar-akarnya, lalu parut tambahkan 15 sdm air garam sambil diaduk rata, peras dan saring. Setelah itu minum air yang sudah terkumpul tersebut.

Itulah manfaat tanaman pisang, mulai dari akar, daun sampai buahnya. Jadi jangan segan-segan untuk menyantap buah yang pisang yang sangat mudah kita jumpai disekitar kita.

Demikian Info Terapung tentang Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan dari Sumber buahdansayur.com