SONY akhirnya membuka tabir misteri konsol gaming generasi terbarunya, PlayStation (PS) 4, dalam sebuah acara yang berlangsung pada Rabu malam waktu New York, AS, atau Kamis (21/2/2013) waktu Indonesia.

ps 4


Hingga saat ini, Sony masih belum memamerkan bentuk dari perangkat ini. Namun, Sony sudah memberikan sedikit bocoran dari segi spesifikasi yang akan diusung oleh PS4.

Menurut Mark Cerny, pemimpin tim arsitek sistem, PS4 akan berbasiskan arsitektur PC. Produk ini akan dipersenjatai prosesor berbasis X86, graphics card (GPU) dengan gaya PC, dan memori unified 8GB GDDR5.

"Ini adalah sistem yang kuat dan mudah untuk diakses (accessible), dan perangkat tersebut memiliki fitur yang dalam untuk mendukung evolusi game," kata Cern.

Dikutip dari Kotaku, Kamis (21/2/2013), Sony juga memperkenalkan controler baru yang dibuat khusus untuk PS4 ini. Controler tersebut dinamakan DualShock 4.

DualShock 4 dilengkapi dengan touchpad, mirip dengan yang diaplikasikan oleh Sony pada PS Vita. Di bagian tengah atas, terdapat sebuah komponen yang mampu memancarkan cahaya. Warna pendaran cahaya tersebut mirip dengan controler gerak Sony, Move. Nantinya, dengan memanfaatkan kamera 3D yang akan dilengkapi pada setiap PS4, controler ini juga dapat digunakan untuk mengenali gerakan si pemain.

Di bagian atas controler terdapat sebuah tombol yang dinamakan "Share". Dengan menekan tombol tersebut, pengguna dapat membagikan cuplikan game yang dimainkan secara streaming kepada pemain lain.
Para pengguna juga dapat memainkan game PS4 melalui PS Vita dengan sebuah fungsi yang disebut sebagai "Remote Play". Sudah ada beberapa pihak pengembang game besar, seperti Square Enix dan Ubisoft, yang menyatakan dukungannya terhadap PS4 ini.

Sony belum mengumumkan harga dari PS4 ini. Namun, perusahaan raksasa elektronik asal Jepang ini berjanji untuk menghadirkan perangkat tersebut pada musim liburan atau akhir tahun 2013.

Sumber: Tribun Jakarta