14.58
0
Menyelam dapat di kelompokkan menjadi dua. 1). Skin diving atau selam permukaan. Alat yang digunakan adalah fins (kaki katak), diving mask (kacamata selam), snorkel (pipa udara). Istilah ini dikenal dengan SNORKLING. 2). Scuba diving (Self Contained Underwater Breating Apparatus atau menyelam di kedalaman yang melebihi 5 meter). Menggunakan peralatan, di antaranya fins (kaki katak), diving mask (kacamata selam), snorkel (Pipa udara), BCD (rompi apung), aqualung (tabung selam), regulator, octopus, pengukur tekanan, pengukur kedalaman dll.


Teknik dan Syarat Menyelam


Peralatan apa saja yang diperlukan saat kita mau menyelam? Sebelum menyelam apakah kita perlu pemanasan? Apa saja Persyaratan orang hendak menyelam? Pada kedalaman berapa para pemula menyelam? Sesudah menyelam apakah yang harus dilakukan?

Persyaratan khusus apa saja yg diperlukan ketika ingin menyelam ? 

Sebelum menyelam apakah kita perlu pemanasan.. Ya, perlu. Seperti halnya olahraga lainnya. perlu pemanasan untuk peregangan otot agar tidar terjadi kram pada otot di saat melakukan penyelaman.

Sedangkan persyaratan orang hendak menyelam adalah siapa saja yang berusia minimal 15 tahun, memiliki kondisi tubuh yang sehat dan layak medis dapat mengikuti kursus dan pelatihan selam dengan melengkapi surat pernyataan “Riwayat Penyakit” serta surat keterangan dari dokter.

Sedangkan kemampuan fisik kelayakan kebugaran demi adaptasi terhadap latihan. Di antaranya, mampu berenang 200 meter tanpa henti, berenang sejauh 12 meter di bawah air (menahan nafas atau apnea) serta 15 menit mengambang atau mengapung di permukaan air tanpa alat bantu (water trapen).

Mengenai pada kedalaman berapa para pemula menyelam, berdasarkan jenjang pelatihan/kursus selam pemula atau biasa disebut dengan one star scuba diver atau open water, maka kedalaman maksimal pada penyelaman jenjang ini adalah 18 meter. Dan, dilakukan tidak boleh sendiri (never dive alone). Dia harus di dampingi oleh seorang dive master, minimal penyelam berjenjang sertifikat Two Star Scuba Diver.

Kalau sesudah menyelam apakah yang harus dilakukan, yakni membersihkan peralatan selam. Dan, berbagi cerita kepada rekan (buddy) tentang keindahan yang ditemukan dilihat ternyata bahwa menyelam itu sangat mengasyikan selama mengikuti kaidahkaidah “Aman, Nyaman dan Menyenangkan”. (BPost 18/2/2013)