10.13
0

Dennis Tito, miliarder yang pada tahun 2001 menjadi turis antariksa pertama, meluncurkan sebuah proyek untuk mengirim dua warga sipil dalam "sebuah perjalanan bersejarah" ke Planet Merah pada bulan Januari 2018.

Ada-ada Saja, Wisata ke Planet Mars



"Saya sudah menunggu, dan banyak orang seusia saya telah menunggu. Dan saya pikir inilah saatnya untuk memulai," kata Tito dalam sebuah konferensi pers di Washington, Rabu.

Misi ,di mana pesawat ruang angkasa akan terbang di sekitar Mars, akan berlangsung selama 500 hari. Pelesiran ini akan menelan biaya antara 1 miliar hingga 2 miliar dolar AS. Tito berharap, biaya perjalanan ini akan didanai sebagian melalui hak siar televisi dan dengan menjual data ke NASA.


Organisasinya, Inspiration Mars, berencana untuk memilih pasangan setengah baya yang sudah punya anak dan bersedia mengambil risiko potensial atas kesuburan mereka, yang bakal terkena radiasi dalam waktu lama. Mereka akan menghabiskan satu setengah tahun bersama-sama dalam ruang 14 x 12 kaki, disertai dengan pasokan lebih dari satu ton makanan dan 28 kilogram kertas toilet.


Mengapa harus bersama pasangan? "Ini sangat simboliskan kita benar-benar membutuhkannya untuk mewakili umat manusia dengan seorang pria dan seorang wanita, " kata Taber MacCallum, pemimpin teknis misi Mars ini.

Namun, Anu Ojha, Direktur National Space Academy di Leicester, mengatakan, tidak seperti misi tanpa awak yang mendarat di permukaan Mars, misi Tito ini tidak mampu membawa kembali data yang berguna tentang planet tersebut. "Namun, sebagai contoh, dari daya tahan manusia dan eksplorasi, misi ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya," kata Ojha. (Bpost Cetak 3/1/2013)