06.17
0

Meski telah unggul 2-0 lewat kemenangan leg pertama lalu, Milan tetap saja memasuki laga dengan status underdog. Kualitas Barcelona ditambah lagi dengan belum benar-benar terujinya skuad Milan menjadikan Milan belum difavoritkan.

Tapi Milan bisa saja membalikkan prediksi itu jika mereka mampu mengulang atau mempertahankan performa impresif seperti yang mereka tampilkan di leg pertama lalu. Milan cukup bermain aman tanpa kebobolan atau kebobolan satu gol saja untuk bisa melenggang ke perempat final.


Data dan Fakta Barcelona vs AC Milan

  • Barcelona menargetkan lolos ke perempatfinal enam kali berturut-turut. Mereka belum kalah dalam 19 pertandingan Liga Champions yang berlansung di markas sendiri, memenangkan 15 pertandingan sejak kalah 2-1 dari Rubin Kazan pada 20 Oktober 2009.
  • Milan telah merasakan kekalahan di Spanyol musim ini. Mereka menyerah 1-0 dari Malaga di babak penyisihan grup tapi mereka membukukan dua kali kemenangan di laga away keduanya didapatkan di kandang Zenit St Petersburg dan RSC Anderlecht.
  • Rekor Milan dalam laga away ke kandang tim-tim Spanyol antara lain menang empat kali, seri enam kali dan kalah 13 kali. Kemenangan terakhir Milan di Spanyol di kandang Real Madrid di babak penyisihan grup musim 2010 lewat gol Aleksandre Pato.
  • Rekor keseluruhan Barcelona menjamu tim asal Italia menang 11 kali seri empat kali dan kalah dua kali.
  • Barcelona telah memenangkan 11 laga UEFA ketika mereka kalah di pertandingan leg pertama. Kecuali musim lalu mereka kalah 1-0 di kandang Chelsea kemudian seri 22 di Camp Nou itu terjadi di semifinal.
  • Milan sukses menang aggregate melawan Arsenal di babak 16 besar musim lalu. Tahun lalu mereka berhasil ke perempatfinal untuk pertama kali sejak musim 2006/07.
  • Milan telah memenangkan 36 dari 41 laga UEFA ketika mereka menang duluan di pertandingan leg pertama yang berlangsung dikandang sendiri.


Kondisi Tim
  • Barcelona merotasi sejumlah pemain Lionel Messi, Xavi, Andres Iniesta, Jordi Alba di laha sebelumnya dengan sejumlah alasan. Dan Victor Valdes akan kembali ke dalam tim setelah absen di laga terakhir.
  • AC Milan dipastikan takkan diperkuat Giampaolo Pazzini yang cedera. Mario Balotelli cup-tie dari Manchester City. Phillipe Mexes dan Kevin-Prince Boateng, dikabarkan berada dalam kondisi fit.
(Tribun Jakarta)