06.09
0

Barcelona mempersiapkan laga krusial leg kedua Liga Champions melawan AC Milan dengan sangat serius. Tertinggal dua gol tanpa balas pada leg pertama lalu mewajibkan Barcelona mencetak tiga gol, juga tanpa balas, saat melakoni leg kedua di Stadion Camp Nou, Rabu (13/3/2013) dini hari. Apa strategi mereka untuk meraih kemenangan mutlak?


Laga Hidup Mati Barcelona vs AC Milan



Salah satu persiapan paling serius yang telah digodok adalah bagaimana Lionel Messi cs bisa kembali ke bentuk permainan asli mereka: tiki-taka. Itulah jurus pamungkas Blaugrana untuk bisa meraih kemenangan mutlak atas Rossoneri.

Selama ini, Blaugrana memang identik dengan jurus tiki-taka berupa permainan menekan, menguasai bola dan menciptakan rasa tidak nyaman kepada lawan saat memegang bola.

Sayangnya, peragaan seperti itu belakangan mulai memudar. Barcelona masih mampu mempertahankan penguasaan bola tapi permainan seperti itu tidak efektif sebab mereka tidak lagi mampu menekan lawan, bahkan cenderung kesulitan menembus pertahanan lawan. Selain itu, tim-tim lawan sepertinya sudah mulai menemukan formula anti-tiki-taka hingga kesaktiannya kini makin menumpul.

Namun demikian, Bek Barcelona Gerard Pique yakin ajian tiki-taki masih bisa jadi jurus pamungkas timnya. Kata Pique, dengan ajian itulah mereka bisa mengalahkan Milan 3-0 untuk lolos ke babak selanjutnya.

Ia menegaskan timnya akan menyerang pertahanan Rossoneri di sepanjang pertandingan. "AC Milan adalah tim kompetitif dengan sejarah besar. Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Kami akan menyerang di sepanjang pertandingan dan dengan percaya diri menampilkan gaya permainan khas kami. Jadi, kami harap bisa menang 3-0." kata Pique.

Parahnya lagi, pertahanan Barcelona malahan lebih sering tampil tidak solid. Dua gol yang dicetak Kevin Prince-Boateng dan Sulley Muntari di leg pertama lalu jadi bukti keroposnya pertahanan Barcelona.

Aspek soliditas pertahanan memang masih jadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Barcelona ketika melawan Milan. Duet Pique dan Carles Puyol harus mampu tampil solid tanpa melakukan kesalahan sedikit pun.

Hal itu menjadi sangat penting, sebab sekali saja melakukan kesalahan akibatnya bisa fatal. Jika pemain Milan mampu mencetak satu gol saja di Camp Nou, maka Barcelona harus membalasnya dengan empat gol untuk bisa lolos ke perempatfinal.

Asisten Pelatih Barcelona Jordi Roura telah mengistirahatkan sejumlah pemain di laga sebelumnya di pentas La Liga Spanyol. Termasuk di antaranya dua pemain bertahan, Pique dan Jordi Alba. Nama terakhir kemungkinan besar akan kembali menempati posisi wing back bersama Dani Alves.

Selain itu Andres Iniesta juga diistirahatkan bersama dengan Sergio Busquets. Dua pemain ini akan dikembalikan ke posisi gelandang jangkar bersama dengan Xavi Hernandez yang telah sembuh dari cedera hamstring.

San superstar Lionel Messi pastinya akan tetap jadi andalan untuk jadi tukang gedor. Dia akan ditemani Alexis Sanchez dan Pedro Rodriguez. Trisula lini depan Blaugrana ini punya jaminan mencetak gol asal mendapat suplai dari lini kedua. 

------------------------

Rule of the game
Barca harus kalahkan Milan dengan selisih tiga gol (3-0,4-1)
Jika Barca menang 2-0. laga dilanjut  dengan perpanjangan waktu ,


------------------------

5 laga terakhir Barcelona dan AC Milan

Barcelona
21/2 Milan 2-0 Barca
24/2 Barca 2-1 Sevilla
27/2 Barca 1-3 Madrid
02/03 Madrid 2-1 Barca
10/3 Barca 2-0 Deport

AC Milan
16/2 Milan 2-1 Parma
21/2 Milan 2-0 Barca
25/2 Inter 1-1 Milan
02/03 Milan 3-0 Lazio
09/03 Genoa 0-2 Milan

------------------------

Ulasan Pelatih Barcelona dan AC Milan

Ulasan Roura
KAMI dalam kondisi termotivasi dan siap berkompetisi. Kami akan memberikan segalanya untuk bangkit hingga wasit mengeluarkan isyarat pertandingan selesai. Kami akan bertempur untuk mengejar ketertinggalan.

Kami dalam kondisi sangat jelas tentang bagaimana kami akan bermain lawan Milan, dan bagaimana mereka bermain lawan kami. Kami sangat antusias. Saya sudah mengatakan itu berkali-kali.
Logikanya Barcelona harus menyerang tetapi kami tidak boleh menyalurkan ambisi meraih kemenangan dengan performa tergesa-gesa. Barca harus menemukan keseimbangan permainan.
*) Jordi Roura, Asisten Pelatih Barcelona dilansir goal.com

Ulasan Allegri
KAMI wajib mencetak gol sebab Barcelona saat main di Camp Nou selalu mencetak banyak gol. Akan sangat menyenangkan jika kami mampu menampilkan permainan terbaik di kandang Barcelona.
Saya melihat timku mampu memproduksi permainan yang baik. Anak-anak sangat bagus di sektor pertahanan. Tapi kami semua tahu bahwa tidak memberikan kesempatan mencetak gol pada Barcelona bukanlah hal yang mudah.

Caranya di babak pertama kami juga harus menciptakan beberapa peluang untuk mencetak gol. Saya melihat para pemain bisa melakukan ini. Kami akan melakukan sejumlah peningkatan.
*) Massimiliano Allegri, Pelatih AC Milan dilansir Sky Sports News.

(Tribun Jakarta)