12.08
0

Ada beberapa cara sehat untuk mengatasi tekanan dan kecemasan. Menurut Heather Bauer, RD, pendiri Bestowed.com, "Ketika seseorang tengah stres, mereka akan cenderung memilih makanan yang salah yang pada akhirnya akan meningkatkan kadar hormon stres atau kortisol," ujarnya.



Berbagai Makanan yang Dapat Memperparah Stress



Bagi Baueur, makanan yang dipilih ketika sesorang sedang stres biasanya cenderung makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam. "Makanan tersebut secara langsung akan meningkatkan kadar kortisol kita," lanjutnya.

Baueur menyebutkan, ada beberapa jenis makanan terburuk yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat seseorang sedang stres. 

1. Minuman energi
Didominasi oleh kafein dan gula. Minuman energi merupakan salah stau minuman yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat seseorang sedang stres.  Dawn Jackson Blatner, RD, penulis buku penulis The Flexitarian Diet, mengatakan, "Kombinasi dari keduanya merupakan sebuah kesalahan jika dikonsumsi saat stres."

2. Makanan pedas
Jika Anda mengalami stres dan memiliki masalah pencernaan, menyantap makanan pedas justru akan semakin membuat Anda tidak nyaman. Menurut Bauer, mereka yang sedang stres memiliki metabolisme yang rendah, sehingga lebih sulit untuk mencerna makanan.

3. Makanan terlalu manis
Menurut Bauer, makanan terlalu manis yang dikonsumsi saat stres memberikan kontribusi ke tingkat yang lebih tinggi dari hormon stres. "Pilihlan makanan yang alami, karena makanan manis akan meningkatkan kadar kortisol," ujar Bauer.

4. Alkohol
Alkohol akan merangsang pelepasan kortisol, menurut sebuah studi 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endokrinologi dan Metabolisme. Studi ini menemukan bahwa peminum berat justru akan meningkatkan hormon stres.

5. Kopi
Kandungan kafein dalam kopi juga bisa meningkatkan hormon penyebab stres. Menurut Baueur, mengonsumsi kopi saat stres hanya akan membuat seseorang menjadi lebih gelisah. 

6. Makanan kemasan
Kandungan sodium, lemak, dan pengawet juga tidak baik dikonsumsi jika metabolisme sedang turun saat stres.

7. Kentang goreng
Meskipun merupakan salah satu sumber energi, kentang goreng mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi. Saat stres, metabolisme dan sistem pencernaan sedang tidak baik. Mengonsumsi kentang goreng hanya akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih lama. (Metrotv)