09.12
0

Pengguna kendaraan bermotor mungkin pernah mengalami situasi dimana saat melakukan starter kendaraan, tidak mau hidup juga. Kendaraan disini bisa mobil atau motor.


Mengatasi Motor Yang Tidak Dapat Distarter Pagi Hari


Nah, apabila setiap pagi mesin kendaraan sulit dihidupkan, kemungkinan besar penyebabnya adalah campuran gas kelebihan atau kekurangan udara. Kemungkinan lain penyebab kendaraan tidak mau distarter adalah bahan bakar bensin telah dicampur dengan minyak tanah.

Oleh karena itu, cara mengatasinya adalah dengan memeriksa aliran bahan bakar, apakah bahan bakar terdapat campuran minyak tanah atau tidak?

Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan gejala tidak normal, aliran bahan bakar tidak mengalir sempurna atau terdapat campur minyak tanah. Maka sebagai solusi nya, bersihkan tangki dari kotoran atau bersihkan saringan bahan bakar. Setelah dibersihkan ganti dengan bahan bakar yang baru.

Akan tetapi jika hasil pemeriksaan memberikan gejala baik-baik saja atau normal,  aliran bahan bakar sempurna dan tidak ada campuran minyak lain, kemungkinan penyebab tidak mau distarter adalah coil pengapian yang terganggu, sehingga menimbulkan panas (coil bisa rusak). Kerusakan terjadi akibat hubungan singkat atau kumparan coil terbakar. Sebagai solusi cara mengatasi kasus ini, segera ganti coil yang terbakar dengan coil baru.

Sumber: TuneUp Ringan Sepeda Motor