07.55
0

Kuliner Jepang tentunya sudah tak asing lagi. Bahkan makanan asal negeri sakura ini dijuluki sebagai kuliner sehat dan sederhana.


Resep Sehat Orang Jepang


Sebagai contohnya sushi. Bahan dasar sushi diambil langsung dari alam sehingga makanan segar, serta tak menggunakan bahan pengawet dan tidak overcooking atau terlalu matang. Pasalnya, memasak makanan terlalu matang dapat membunuh dan menghancurkan nutrisi hadir dalam makanan. Jadi tak heran jika orang Jepang memiliki umur panjang dan sehat di kala tua.





Seafood
Seafood merupakan sumber utama protein dalam masakan Jepang, sekaligus sebagai saingan daging. Ikan laut memiliki banyak asam lemak omega-3 seperti daging. Itu sebabnya, makanan Jepang menyehatkan jantung dibandingkan dengan masakan lain yang ada di dunia.

Makanan rebus
Kebanyakan makanan Jepang adalah makanan jenis rebusan atau kukusan. Mungkin akan jarang menemukan makanan asal Jepang yang deep fried maupun terbalut bumbu rempah-rempah.

Kedelai
Kedelai yang digunakan dalam masakan Jepang merupakan kedelai asli, tidak diproses, dan karena itulah sehat. Kebanyakan saus yang ada di Jepang berbahan dasar kedelai. Begitu pula dengan makanannya yang sebagian besar makanan dimakan dengan saus kedelai.

Tumis
Kebanyakan makanan Jepang biasanya tidak renyah. Sebagai gantinya, mereka menumis makanan, tetapi tidak banyak menggunakan minyak.

Sedikit Garam
Makanan Jepang yang sehat karena mereka sedikit menggunakan sodium atau rendah garam. Dan ketika mereka banyak makan makanan laut yang memiliki natrium alami, kandungan garam dalam makanan mereka menurun.

Ubi jalar
Karbohidrat dalam makanan Jepang yang banyak dikonsumsi adalah ubi jalar. Ubi jalar merupakan karbohidrat kompleks yang memberikan energi dan nutrisi.

Menu kaya antioksidan
Menu makanan Jepang kaya akan antioksidan. Ikan dan sayuran dalam kondisi mentah memiliki banyak antioksidan. Mereka memasak makanan secara minimal dan hal ini bisa mendapatkan antioksidan secara maksimal.

Rumput laut
Salah satu makanan Jepang yang terkenal di dunia adalah rumput laut. Ada banyak manfaat kesehatan dari rumput laut, yaitu kaya akan mineral laut dan hampir memiliki nol kalori. Makanan sempurna untuk diet. (TribunJkt)