04.06
0

Setelah hampir 10 tahun, karier Wayne Rooney bersama Manchester United terancam berakhir. Manajer Sir Alex Ferguson dikabarkan sudah membukakan pintu keluar dari Old Trafford untuk Wayne Rooney.


Rooney Berganti Seragam Musim Depan?


Kabar akan hengkanya Rooney dari Manchester United sebenarnya sudah bukan hal yang baru lagi. Pada 2010, Rooney sempat mengancam akan hengkang karena menilai The Red Devil kurang kompetitif dan tidak memiliki daya tarik di mata pemain-pemain besar. Konflik akhirnya mereda setelah Manchester United memperpanjang kontrak Rooney dan menaikkan gajinya hingga 250.000 Pounds per pekan.

Konflik yang sudah dikubur akhirnya kembali ke permukaan ketika Sir Alex mengkritik kebugaran Rooney pada musim ini. Jebolan akademi Everton itu menjawab kritik Ferguson dengan penampilannya yang termasuk gemilang di atas lapangan. Sebuah gol dan assist yang dia sumbangkan saat melawan Norwich City akhir pekan lalu menjadi salah satu bukti teraktual.

Namun, rupanya performa bagus tidak cukup untuk memuaskan hati Sir Alex. Gaffer asal Skotlandia itu memilih untuk mencadangkan Wazza ketika menghadapi Real Madrid, Rabu (6/3/2013) lalu. Opa Fergie lebih memilih Robin van Persie sebagai penyerang utama dan Danny Welbeck di pos sayap kiri.

Keputusan tersebut sangat janggal mengingat biasanya Ferguson akan memainkan Rooney di pos sayap kiri atau sebagai penyerang lubang ketika tidak menempatkan dia sebagai penyerang utama. Suami dari Coleen itu baru dimainkan pada babak kedua menggantikan Tom Cleverley.
Sang istri ikut kecewa. Coleen pun menumpahkan kekecewaannya dengan cara berkicau di akun twitternya @ColeenRoo. "Sulit dipercaya @WayneRooney tak menjadi starter malam ini!!!" tulisnya.

Mendinginnya hubungan antara Wazza dengan Fergie ikut terseret sebagai faktor penguat rumor. Belum ada pernyataan dari Rooney maupun Ferguson mengenai pencadangan tersebut. Namun, eks striker United, Michael Owen, meyakini keputusan itu menjadi puncak berkembangnya rumor Rooney semakin dekat dengan pintu keluar dari Old Trafford.

“Bagi dia (Wayne Rooney) tidak bermain sejak awal merupakan suatu pukulan telak,” ujar Owen kepada TalkSport seperti dikutip dari The Guardian.

Mantan pemain Liverpool itu menyarankan Rooney untuk tetap merendah dan mulai memperbaiki performanya agar bisa kembali mendapatkan tempat di tim utama The Red Devils.

“Jika tidak, dia akan berpikir ‘Manajer tidak memilih saya untuk pertandingan besar, pasti dia tidak menyukai saya.’ Kalau sudah begitu, berakhir sudah kariernya,” sambung Owen.

Situasi yang dialami oleh Wayne Rooney membawa publik flashback kejadian pada hampir sedekade lalu. Ketika itu, David Beckham yang hubungannya dengan Fergie mulai retak dicadangkan ketika melawan Real Madrid di Old Trafford 2003. Dua bulan kemudian, terjadilah inisiden ‘sepatu melayang’ ke pelipis Beckham yang ditendang oleh Fergie. Pada akhir musim, David Beckham dijual ke Real Madrid.

Kemungkinan Rooney bernasib sama seperti Beckham sangat mungkin terjadi. Jika membaca gelagat Fergie yang mulai mengkritik dan mencadangkan Rooney, serta ketertarikannya kepada Robert Lewandowski, bukan tidak mungkin Rooney akan berganti seragam pada bursa transfer musim depan. Apalagi muncul rumor Fergie akan melego Rooney dengan banderol di atas 20 juta Pounds. (TribunJkt)