06.38
0

Pengumuman Program Beasiswa S2 untuk Guru dan Pengawas Sekolah tahun 2013 ini kami dapatkan dari website Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah (Dit. PPTK Dikmen), Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program beasiswa S2 diberikan secara penuh, mencakup biaya pendidikan, biaya buku dan biaya hidup, serta biaya penunjang lainnya seperti untuk penulisan makalah, proposal penelitian maupun  penulisan tesis (selengkapnya lihat buku panduan)

Pengumuman Beasiswa S2 untuk Guru dan Pengawas Sekolah tahun 2013
Sejalan dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, peningkatan kualifikasi akademik dan kemampuan profesional pengawas satuan pendidikan merupakan suatu kebutuhan dalam kerangka peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tanggal 28 Maret 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah mengamanatkan bahwa pengawas sekolah pendidikan menengah harus memiliki pendidikan minimum jenjang strata 2 (S2) dalam bidang kependidikan.

Sehubungan dengan hal tersebut,   Dit. P2TK Dikmen Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah  pada  tahun  2013 akan melanjutkan penyelenggaraan  Program Beasiswa Peningkatan Kualifikasi Strata 2 (S2) bagi Guru dan Pengawas Sekolah.

Awalnya, program ini dilaksanakan sejak tahun 2010 oleh Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat  Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan  bekerja  sama dengan LPMP  DKI Jakarta dan LPMP DI Yogyakarta  selaku  pengelola dana serta Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada  sebagai lembaga penyelenggara.

Terhitung sejak tahun 2012 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah berkewajiban melanjutkan program ini selaku pengelola dana  untuk meneruskan program beasiswa kepada mahasiswa angkatan kedua di Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada  , serta menjalin kerja  sama dengan Unversitas  Negeri Jakarta,  Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Medan dan Universitas Negeri Makassar  dalam hal peluasan akses bagi para calon penerima Beasiswa Peningkatan Kualifikasi S2 bagi Pengawas/Calon Pengawas Dikmen  untuk angkatan pertama .

Tahun 2013, Program pemberian beasiswa bagi pengawas/calon pengawas akan dilanjutkan untuk angkatan kedua (semester akhir) di Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada, lanjutan angkatan pertama serta angkatan kedua (mahasiswa baru) di Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Medan dan Universitas Negeri Makassar.

Kriteria Calon Penerima Beasiswa S2
  1. Pengawas atau calon pengawas (guru atau kepala sekolah yang akan diproyeksikan menjadi pengawas sekolah) pendidikan menengah berstatus PNS, dibuktikan dengan fotocopy SK pengangkatan terakhir;
  2. Berusia maksimal 50 tahun untuk Pengawas Sekolah pada bulan Juni 2013, sedangkan bagi calon pengawas berusia maksimal 48 tahun, dibuktikan dengan fotocopy KTP/SIM;
  3. Sehat Jasmani dan Rohani, dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter.


Persyaratan Pendaftaran  Calon Penerima Beasiswa S2

1. Peserta mengirimkan persyaratan pendaftaran peserta sebagai berikut:
  • Formulir pendaftaran (Download)
  • Fotokopi Ijazah S1 yang sudah dilegalisir
  • Fotokopi Transkrip Nilai/Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 yang sudah dilegalisir.
  • Fotokopi SK Pengangkatan Terkhir
  • Fotokopi Kartu Identitas
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  • Pas Photo Berwarna 1 Lembar
  • Surat ijin mengikuti seleksi dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat (ditembuskan ke BKD).
2. Berkas peserta sudah diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 1 Juli 2013.

3. Syarat-syarat pendaftaran pada nomor 2a s.d. 2h dapat dikirm melalui pos ke alamat:
Subdit Program dan Evaluasi
Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung D Lantai 12
Jl. Jend. Sudirman Pintu 1 Senayan Jakarta 10270
atau discan dan dikirim ke alamat email beasiswas2.ptk@gmail.com atau beasiswa_s2_pengawas@yahoo.co.id

4. Ketentuan wilayah pendaftaran peserta:
  • Sulawesi, Maluku dan Papua untuk Universitas Negeri Makassar (UNM)
  • Kalimantan, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bangka Belitung dan Bengkulu untuk Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT untuk Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  • Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau, Sumatera Selatan, Jambi dan Sumatera Barat untuk Universitas Negeri Medan (UNIMED).
5. Pelaksanaan seleksi tertulis dan wawancara akan dilaksanakan di Universitas sesuai dengan wilayah yang sudah ditentukan (surat undangan menyusul bagi peserta yang lulus seleksi administrasi).

6. Bagi peserta yang lulus seleksi tertulis dan wawancara harus menyerahkan persyaratan yang diminta pihak Universitas dan surat ijin belajar dari Badan Kepegawaian Daerah setempat.

7. Apabila peserta yang sudah diterima Universitas mengundurkan diri maka yang bersangkutan wajib mengembalikan semua dana yang sudah dikeluarkan oleh negara untuk dikembalikan ke kas negara.


Pedoman Program Beasiswa S2 dapat di download di sini.
Surat Permohonan Usulan Calon Peserta Program Beasiswa S2 ke Dinas Pendidikan Kab/Kota dapat di download di sini

Informasi lebih lanjut hubungi:
Subdit Program dan Evaluasi Direktorat PPTK Dikmen, Telp. 021-57974108

Sumber: P2tkdikmen.kemdiknas.go.id