Rubrik Cooking With Agus Sasirangan hari ini menjawab dua pertanyaan.

resep bubur gunting


Pertama, Apa resep bubur gunting dan bagaimana cara membuatnya? Terima kasih, chef.

Jawaban:


Resep bubur gunting,bahannya tepung sagu 500 gram, garam satu sendok teh, air secukupnya. Buat adonan hingga kalis dan bisa dibentuk. Bentuk panjang seperti jari tangan lalu gunting serong sepanjang setengah sentimeter. Sisihkan. 

Kuahnya, siapkan 300 gram gula merah, 50 gram gula psir, garam setengah sendok teh, daun pandan selembar, air 600 cc. Rebus smua bahan hingga mendidih, masukkan potongan bubur gunting, rebus hingga terapung. Kuah bubur bisa dikentalkan dengan sedikit tepung sagu. Angkat dan sajikan.



Sponge Cake Lebih Lembut


Kedua, Bagaimana cara membuat kue ulang tahun? Tolong kasih tahu ya resepnya, chef.

Jawaban: 

Jawab: Membuat kue ultah ada yang menggunakan bahan dasar cake atau sponge cake. Kalau terbiasanya kuenya lebih padat dan sponge cake lebih lembut. Ini salah satu resep sponge cake, kocok enam butir telur, setengah sendok makan SP dan 200 gram gula pasir hingga mengembang. Masukan 180 gram tepung, 20 gram susu bubuk, dan 200 gram margarin cair, aduk rata. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan oven selama 45 menit.

Kue bisa dihias dengan butter cream, butter cream/mentega putih juga bisa dikasih aneka macam warna. Kalau sekarang lagi tren hiasan kue dari fondant dan chocolate modeling yang dibentuk aneka macam hiasan.

(BPost Cetak 24/2/2013)