20.42
0

Kejahatan tak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi anak-anak juga sering dijadikan korban. Mulai kejahatan cyber sampai seksual.



Sebagai orangtua, Shahnaz Haque menyadarai dirinya selayaknya menjadi benteng anak-anak terhadap kejahatan. Cara yang ia lakukan adan mulai mengenalkan pendidikan seks kepada Pruistin, Charlotte, dan Mieke sejak dini.

"Pendidikan seks bukan mengajarkan bagaimana posisi seks, kemesuman, tapi mengajarkan pendidikan reproduksi sampai bersikap asertif, malah anak saya kemarin tanya 'Apa itu aurat?', saya mikir dulu jawabnya," Shahnaz menceritakan pengalamannya kepada wartawan, salah satunya Tribunnews.

Pendidikan seks yang diajarkan Shahnaz kepada ketiga putrinya antara lain bagaimana membasuh kelamin yang benar setelah pipis. Menjaga kebersihan celana dalam, bersikap asertif dengan berani bilang 'tidak'.

Anak juga dikenalkan anatomi tubuh dan fungsinya. Juga diajarkan bagian tubuh yang tidak boleh dipegang orang lain, kalau ada seseorang yang menyentuh bagian tubuh tersebut atau menyakiti langsung teriak kencang dan minta pertolongan. (Tribunnews)