18.34
0

Menulis dengan aksara Jawa mungkin bukan hal yang akan dilakukan setiap hari sekalipun kamu orang Jawa tulen, kecuali mungkin kamu menulis untuk majalah berbahasa Jawa. Tapi sesekali mungkin kamu membutuhkannya, misalnya untuk sekedar membantu teman atau tetangga yang memerlukan.

Nah, pada saat yang demikian tentu kamu memerlukan alat bantu. Salah satu alat bantu tersebut adalah Android yang bisa menulis bahasa Jawa dan Sunda.

Selain di Android, ternyata bahasa Jawa juga bisa ditulis di komputer. Untuk keperluan ini diperlukan software office, dengan nama OpenOffice atau LibreOffice. 

Cara Menulis Huruf Jawa di Komputer


Ada add-ins yang bisa “ditanamkan” pada OpenOffice maupun LibreOffice, terutama bagi yang menggunakan aplikasi ini di lingkungan Ubuntu. 

Sebenarnya add-ins ini tidak secara langsung muncul di OpenOffice atau LibreOffice. Aplikasi mungil ini sebenarnya hanya membantu kita “merubah” keyboard kita sehingga dapat menuliskan huruf Jawa melalui keyboard QWERTY kita. 

Sayangnya, untuk menguasai penulisan huruf Jawa dengan cara ini membutuhkan banyak latihan dan memori yang tajam untuk mengingat tata cara penulisan, karena sama sekali tidak ada menu Help atau panduan menggunakannya. Jadi, jika kamu tidak mengerti struktur, cara, atau aturan menulis huruf Jawa, akan sedikit kerepotan.

Jika kamu ingin mencobanya, silahkan unduh terlebih dahulu paket instalasi dari http://dl.dropbox.com/u/21643855/menulis_jawa.tar.gz dan ekstrak seluruh file. 

Lalu jalankan file Setup.sh. Nah, untuk mengaktifkan fitur Metode Input, klik menu System Administration – Language Support. 

Kemudian pilih opsi scim-immodule pada bagian Keyboard Input Method. 

Restart desktop, lalu bukalah OpenOffice / LibreOffice dan jangan lupa klik pada gambar keyboard di taskbar dan pilih jenis keyboard Indonesia – Jawa. 

Kamu juga bisa berpindah dari mode aksara Jawa ke aksara lain, misalnya aksara Bali dengan klik pada panel SCIM di pojok kanan bawah dari OpenOffice atau LibreOffice. (Pcplus)