17.33
0

Pengguna komputer atau laptop mungkin sudah tidak asing lagi dengan merk komputer atau laptop Dell. Tapi tahukah kita bahwa rupanya Dell itu adalah berasal dari sebuah nama, tepatnya nama dari SEO Dell Inc sendiri, yaitu dari nama Michael Dell.


Mahasiswa Drop Out Bisa Jadi Penguasa Industri Komputer


Untuk diketahui, Dell Inc adalah salah satu penguasa industri komputer dunia. Pendiri nya tak lain dan tak bukan adalah Michael Dell. Michael membangun kerajaan bisnis Dell dari nol. Pria keturunan Yahudi ini sangat fokus dalam mengembangkan Dell hingga tidak sampai menamatkan kuliah. 

Bagaimana sepak terjang Michael Dell di industri komputer dan riwayat hidupnya? Berikut ringkasannya seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber.

Michael Dell lahir 23 Februari 1965 di Houston, Texas, Amerika Serikat. Dia lahir dari keluarga imigran Yahudi yang cukup berada. Sama seperti mayoritas pentolan lainnya di dunia teknologi, Michael sudah tertarik mengutak atik komputer sejak kecilnya. Dia membeli sebuah kalkulator saat berumur 7 tahun.

Kemudian pada usia 15 tahun, dia mendapatkan komputer Apple II. Michael membongkar komputer tersebut untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Bakat bisnisnya pun sudah kelihatan sejak kecil dan dia memang seorang pekerja keras. Di umur 12 tahun, Dell sudah bekerja paruh waktu sebagai pelayan di sebuah restoran China.

Kala menginjak masa SMA, Michael menawarkan langganan koran Houston Post. Dia berhasil meraih pendapatan sampai USD 18 ribu saat itu.


Sesudah menamatkan SMA, Michael melanjutkan kuliah di University of Texas, Austin. Dia menciptakan sebuah perusahaan bernama PC'S Limited dari kamar asramanya.

Perusahaan tersebut menjual komputer PC IBM. Dia kemudian memutuskan untuk drop out kuliah dan fokus mengembangkan bisnis setelah mendapat investasi pendanaan senilai USD 300 ribu dari keluarganya.

Michael Dell turut berperan besar dalam revolusi komputer PC di dekade 1990-an. Pada tahun 1985, PC'S Limited menciptakan komputer pertamanya yang dinamakan Turbo PC dan dijual senilai USD 795.

PC'S Limited mengiklankan Turbo PC di berbagai media dan menjualnya secara langsung pada konsumen. Konsumen pun bisa memilih berbagai opsi hardware di komputer yang dibeli.

Perusahaan Michael itu mencapai sukses besar dan meraup pendapatan sampai USD 73 juta pada tahun pertama operasionalnya.

Pada tahun 1988, PC'S Limited berubah namanya menjadi Dell Computer Corporation dan mulai berekspansi secara global. Michael pun menapak pada masa kejayaannya sebagai pebisnis komputer ulung.


Dell perlahan-lahan menjadi perusahaan komputer yang meraksasa. Pada juni 1988, kapitalisasi pasar Dell tumbuh menadi USD 80 juta dari yang semula USD 30 juta.

Pada tahun 1992, majalah bisnis bergengsi Fortune memasukkan Dell Computer Corporation dalam daftar 500 perusahaan terbesar di dunia. Dan Michael menjadi CEO termuda sebuah perusahaan yang masuk Fortune 500.

Dari tahun 1997 sampai 2004, Dell menikmati pertumbuhan penjualan yang stabil dan mencaplok pangsa pasar pesaingnya. Sampai tahun 2001, Dell juga menjadi nomor satu soal kualitas dan layanan menurut laporan Consumer Reports.

Dell berhasil melampaui Compaq sebagai produsen komputer PC terbesar di dunia pada tahun 1999. Namun pada tahun 2002, Compaq yang bergabung dengan HP kembali menyalip Dell.

Selama 20 tahun pertama operasional bisnisnya, Dell menjadi sebuah kisah bisnis yang sangat sukses. Dan menjadikan Michael Dell sebagai salah satu orang terkaya di dunia.


Michael Dell pun menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Kekayaan terakhirnya diestimasi senilai USD 14,6 miliar.

Dengan uang berlimpah, mudah saja bagi Michael Dell untuk membeli barang-barang kesukaannya. Dan ia memang dikenal bergaya hidup mewah yang tampak dari koleksi hartanya.

Ia mengendarai Porsche Carrera GT yang banderolnya mencapai USD 440 ribu. Selain Carrera, Michael Dell juga mengkoleksi satu unit lagi mobil besutan Porsche. Yaitu Porsche Boxster seharga USD 50 ribu.

Dell punya cukup banyak properti mewah. Seperti rumah Raptor Residence ini yang berlokasi di Hawaii.

Raptor Residence punya 7 kamar tidur dan 13 kamar mandi dan terletak di tepi laut. Bisa dibayangkan bagaimana kemewahannya. Propeti tersebut diestimasi berharga USD 61 juta.

Dell juga cukup banyak berkiprah di bidang filantropi melalui yayasan Michael and Susan Dell Foundation. Yayasan ini bergerak di bidang pendidikan, kesehatan dan masalah keluarga.


Dell pada masa kini memang masih termasuk raksasa di industri komputer dunia. Namun kompetisi yang sangat berat membuatnya tidak lagi sejaya dahulu.

Pada tahun 2011, Dell terlempar ke posisi ketiga produsen komputer terbesar dunia setelah disalip Lenovo. Ancaman dari Acer pun tidak kalah hebatnya.

Kemudian, Dell juga tidak terlalu sukses dengan perangkat smartphone dan tablet PC. Padahal, kedua jenis perangkat ini dinilai sebagai masa depan dunia komputer.

Pada 11 Januari 2013, Michael Dell menyatakan Dell akan menjadi perusahaan privat dan tidak lagi menjual saham ke publik. Dengan nilai pembelian 24,4 miliar, yang membuat mereka keluar dari bursa saham.

Dengan mengontrol penuh perusahaannya, Dell pun berharap bisa berjaya lagi seperti dahulu. "Akuilah akan ada kegagalan dan tantangan. Namun Anda akan berlajar dari kesalahan Anda dan kesalahan orang lain," katanya suatu ketika. (Detik)